RAHMAWATI, SENI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOORDINASI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (20kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (224kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (193kB) |
|
Text
4. ABSTARK.pdf Download (236kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (224kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (136kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (58kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (15kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (27kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (6kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (165kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (717kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
SENI RAHMAWATI, 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Sistem Koordinasi (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)” Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap literasi sains dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem koordinasi di kelas XI MIPA SMAN 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai Juli 2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 10 Tasikmalaya sebanyak enam kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 184 orang. Sampel penelitian di kelas XI MIPA 5 sebanyak 33 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan di kelas XI MIPA 4 sebanyak 30 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Sampel di ambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pilihan majemuk literasi sains dan hasil belajar kognitif pada materi sistem koordinasi. Tes ini berupa soal sebanyak 12 soal untuk literasi sains dan 32 soal pilihan majemuk untuk hasil belajar kognitif. Teknik analisis data yang digunakan adalah one way ANOVA dengan taraf signifikasi α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikasi literasi sains dan hasil belajar kognitif kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap literasi sains dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem koordinasi di kelas XI MIPA SMAN 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Kata kunci : model pembelajaran, creative problem solving, literasi sains, hasil belajar kognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 08:41 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 08:41 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10171 |
Actions (login required)
View Item |