PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Ciamis Semester Genap Tahun Ajaran 2022/ 2023)

RAMADAN, ZIDAN (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Ciamis Semester Genap Tahun Ajaran 2022/ 2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (99kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (55kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (154kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (158kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (142kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (481kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap minat belajar peserta didik kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Ciamis semester genap tahun ajaran 2022/ 2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Data dikumpulkan menggunakan angket dan lembar observasi. Analisis data menggunakan SPSS versi 26 untuk melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil pengolahan dan analisis data yang didapatkan dari kuisioner yang disebarkan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat pengaruh dari model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap minat belajar Peserta Didik kelas XII MIPA 6. Hasil tersebut didapatkan dari uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test menggunakan aplikasi SPSS versi 26 untuk windows. Hasil dari uji hipotesis didapatkan nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,00, sehingga dapat disimpulkan nilai Asymp.Sig 0,00 < 0,05 (nilai probabilitas). Temuan dilapangan menunjukan adanya peningkatan minat belajar peserta didik ditinjau dari indikator minat belajar peserta didik seperti perasaan senang, keterlibatan Peserta Didik, ketertarikan, serta perhatian peserta didik, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap minat belajar peseta didik kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Ciamis. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Teams Games Tournament (TGT), Minat Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:38
Last Modified: 01 Aug 2023 08:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10135

Actions (login required)

View Item View Item