ISNAENIYAH, FAUZIYAH (2025) PENGARUH DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN NOTION TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN LITERASI INFORMASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen pada Materi Ekosistem di Kelas X SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
01.COVER.pdf
Download (115kB)
02.LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (144kB)
03.LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf
Download (149kB)
04.ABSTRAK.pdf
Download (123kB)
05.ABSTRACT.pdf
Download (177kB)
06.UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (129kB)
07.KATA PENGANTAR.pdf
Download (111kB)
08.DAFTAR ISI.pdf
Download (81kB)
09.DAFTAR TABEL.pdf
Download (63kB)
10.DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (134kB)
11.DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (70kB)
12.BAB I.pdf
Download (146kB)
13.BAB 2.pdf
Download (1MB)
14.BAB 3.pdf
Download (2MB)
15.BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (699kB)
16.BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (58kB)
17.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (222kB)
18.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
19.RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (150kB)
Abstract
Perkembangan teknologi di dalam dunia pendidikan memberikan peluang bagi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan literasi digital dan literasi informasi. Namun, kondisi umum menunjukkan bahwa peserta didik masih kurang dalam menggunakan teknologi secara bijak dan mengakses, mengevaluasi, serta menggunakan informasi secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh discovery learning berbantuan Notion terhadap kemampuan literasi digital dan literasi informasi peserta didik dalam pembelajaran Biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2025. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya yang berjumlah 11 kelas, dengan sampel yang digunakan sebanyak 3 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas X-1 sebagai kelas eksperimen, kelas X-4 sebagai kelas kontrol positif dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol negatif. Instrumen yang digunakan yaitu angket kemampuan literasi digital sebanyak 42 pernyataan serta tes pilihan majemuk kemampuan literasi informasi sebanyak 33 butir soal yang teruji valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji one way ANOVA dengan taraf signifikansi α=0,05. Berdasarkan analisis dan pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,046 < 0,05 untuk kemampuan literasi digital dan 0,048 < 0,05 untuk kemampuan literasi informasi, artinya terdapat perbedaan dalam perlakuan setiap kelas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh discovery learning berbantuan Notion terhadap kemampuan literasi digital dan literasi informasi peserta didik.
Kata Kunci: Notion, Kemampuan Literasi Digital, Kemampuan Literasi Informasi, Discovery learning, Ekosistem.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 02:14 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 02:14 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/953 |
