Vina, Vina (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII D MTs Ar-Rahmah Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (224kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (423kB)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (356kB)
4 ABSTRAK.pdf
Download (259kB)
5 KATA PENGANTAR.pdf
Download (227kB)
6 DAFTAR ISI.pdf
Download (266kB)
7 DAFTAR TABEL.pdf
Download (125kB)
8 DAFTAR GRAFIK.pdf
Download (164kB)
9 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (117kB)
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (121kB)
11 BAB I.pdf
Download (257kB)
12 BAB II.pdf
Download (295kB)
13 BAB III.pdf
Download (288kB)
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (530kB)
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (224kB)
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (263kB)
17 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (240kB)
18 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Kurikulum Merdeka adalah gagasan kurikulum baru yang mengutamakan
kebebasan, inovasi, dan kemampuan siswa untuk menyesuaikan diri. Perencanaan
pembelajaran pada kurikulum merdeka dimulai dengan menjabarkan capaian
pembelajaran yang menjadi tujuan pembelajaran ini. Salah satu capaian pembelajaran
yang harus dipahami peserta didik adalah yang terdapat pada materi teks eksposisi,
pada elemen membaca dan memirsa yaitu peserta didik dapat menelaah struktur dan
kaidah kebahasaan teks eksposisi. Pemerolehan nilai menelaah struktur dan kaidah
kebahasaan teks eksposisi peserta didik belum mencapai SKBM yang ditetapkan
sekolah yaitu 75. Sebagian besar peserta didik kelas VIII D MTs Ar-Rahmah Kota
Tasikmalaya belum menguasai capaian pembelajaran dalam menelaah struktur dan
kaidah kebahasaan teks eksposisi.
Penulis melaksanakan penelitian bertujuan untuk mengetahui dapat atau
tidaknya model pembelajaran Course Review Horay meningkatkan kemampuan
menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII
D MTs Ar-Rahmah Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah
penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik
wawancara, observasi, dan tes dengan sumber data peserta didik kelas VIII D MTs Ar
Rahmah Kota Tasikmalaya
Hasil penelitian yang penulis laksanakan menunjukkan pada siklus kesatu
sebanyak 50% belum mencapai SKBM dan peserta didik yang mencapai SKBM 50%
Pada siklus kedua seluruh peserta didik sudah mampu menelaah struktur dan kaidah
kebahasaan teks eksposisi sudah 100% mencapai SKBM data tersebut menunjukkan
bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima, artinya model pembelajaran Course
Review Horay dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah
kebahasaan teks eksposisi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menyimpulkan
bahwa model pembelajaran Course Riview Horay dapat meningkatkan kemampuan
menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII
D MTs Ar-Rahmah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 02:57 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 02:57 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/95 |
