PENGARUH PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas XI SMAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

FAUZIAH, AZMIE (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas XI SMAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. cover.pdf] Text
1. cover.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 2. lembar pengesahan.pdf] Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 3. lembar pernyataan.pdf] Text
3. lembar pernyataan.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 4. abstrak.pdf] Text
4. abstrak.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 5. kata pengantar.pdf] Text
5. kata pengantar.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 6. ucapan terima kasih.pdf] Text
6. ucapan terima kasih.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 7. daftar isi, daftar tabel, daftar gambar. daftar lampiran.pdf] Text
7. daftar isi, daftar tabel, daftar gambar. daftar lampiran.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 8. bab 1.pdf] Text
8. bab 1.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 9. bab 2.pdf] Text
9. bab 2.pdf

Download (861kB)
[thumbnail of 10. bab 3.pdf] Text
10. bab 3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 11. bab 4.pdf] Text
11. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[thumbnail of 12. bab 5.pdf] Text
12. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[thumbnail of 13. daftar pustaka.pdf] Text
13. daftar pustaka.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 14. lampiran.pdf] Text
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 15. daftar riwayat hidup.pdf] Text
15. daftar riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran flipped classroom terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas XI SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment. Populasi pada sampel ini adalah seluruh kelas XI dengan peminatan mata pelajaran biologi SMA Negeri 3 Tasikmalaya sebanyak 214 peserta didik. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI F6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI F1 sebagai kelas kontrol. Penumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes yaitu Pretest-posttest dari keterampilan berpikir kritis berjumlah 20 soal berbentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji one way ANOVA. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi keterampilan berpikir kritis kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran flipped classroom dapat digunakan untuk memperbaiki keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem peredaran darah.

Kata kunci : Flipped Classroom, Keterampilan Berpikir Kritis, Sistem Peredaran Darah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 07 Nov 2025 00:57
Last Modified: 07 Nov 2025 00:57
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/946

Actions (login required)

View Item
View Item