FAUZIAH, AZMIE (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas XI SMAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. cover.pdf
Download (230kB)
2. lembar pengesahan.pdf
Download (237kB)
3. lembar pernyataan.pdf
Download (262kB)
4. abstrak.pdf
Download (278kB)
5. kata pengantar.pdf
Download (221kB)
6. ucapan terima kasih.pdf
Download (165kB)
7. daftar isi, daftar tabel, daftar gambar. daftar lampiran.pdf
Download (248kB)
8. bab 1.pdf
Download (309kB)
9. bab 2.pdf
Download (861kB)
10. bab 3.pdf
Download (2MB)
11. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (569kB)
12. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (225kB)
13. daftar pustaka.pdf
Download (250kB)
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
15. daftar riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (176kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran flipped classroom terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas XI SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment. Populasi pada sampel ini adalah seluruh kelas XI dengan peminatan mata pelajaran biologi SMA Negeri 3 Tasikmalaya sebanyak 214 peserta didik. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI F6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI F1 sebagai kelas kontrol. Penumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes yaitu Pretest-posttest dari keterampilan berpikir kritis berjumlah 20 soal berbentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji one way ANOVA. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi keterampilan berpikir kritis kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran flipped classroom dapat digunakan untuk memperbaiki keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem peredaran darah.
Kata kunci : Flipped Classroom, Keterampilan Berpikir Kritis, Sistem Peredaran Darah.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 00:57 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 00:57 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/946 |
