Awalliyah, Yulia (2025) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING DAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (232kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (281kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (265kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (281kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (211kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (319kB)
7. BAB I.pdf
Download (263kB)
8. BAB II.pdf
Download (388kB)
9. BAB III.pdf
Download (519kB)
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (778kB)
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (235kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (238kB)
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (176kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (16MB)
Abstract
Keterampilan menulis teks ulasan memerlukan proses berpikir kritis yang tinggi agar peserta didik dapat mengemukakan gagasan, pendapat, dan argumennya mengenai karya dengan tepat. Untuk menguasai kemampuan ini, peserta didik juga perlu bersikap aktif, berani bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengemukakan gagasan atau pendapatnya. Oleh karena itu, guru harus selektif dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kemampuan menulis teks ulasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Probing-Prompting dan Discovery Learning dan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Probing-Prompting dan Discovery Learning dalam pembelajaran menulis teks ulasan. Metode penelitian yang digunakan yakni metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan tes. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII I sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran menulis teks ulasan yakni 66,15 (pre-test) dan 83,82 (post-test). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran menulis teks ulasan yakni 66,09 (pre-test) dan 70,41 (post-test). Hasil uji Mann Whitney pada N-Gain menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran menulis teks ulasan di kelas eksperimen sebesar 0,5 berkategori sedang sedangkan pada pembelajaran menulis teks ulasan di kelas kontrol sebesar 0,1 berkategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting dan Discovery Learning dalam pembelajaran menulis teks ulasan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:37 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:37 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/909 |
