Kusmawati, Angelina Sepiani (2025) ANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS EKSPOSISI PADA SURAT KABAR KOMPAS.COM EDISI JANUARI 2024 SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI KELAS XI (Penelitian deskriptif analitis terhadap teks eksposisi). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (69kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (192kB)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (256kB)
4 ABSTRAK.pdf
Download (28kB)
5 KATA PENGANTAR.pdf
Download (82kB)
6 DAFTAR ISI.pdf
Download (52kB)
7 DAFTAR TABEL.pdf
Download (31kB)
8 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (26kB)
9 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (28kB)
10 BAB I.pdf
Download (125kB)
11 BAB II.pdf
Download (280kB)
12 BAB III.pdf
Download (362kB)
13 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (870kB)
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (31kB)
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (168kB)
16 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (40kB)
17 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (19MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi pada surat kabar Kompas.com edisi Januari 2024 serta menilai kesesuaiannya sebagai alternatif bahan ajar di kelas XI sesuai Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket/kuesioner, dan analisis wacana. Dari 31 teks eksposisi yang dianalisis, terdapat lima teks yang dipilih karena memenuhi kriteria kesesuaian untuk dijadikan bahan ajar teks eksposisi kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima teks eksposisi yang telah dianalisis memiliki struktur lengkap, terdiri atas: pernyataan pendapat (tesis), argumentasi, dan penegasan ulang (penutup). Kaidah kebahasaan dari kelima teks eksposisi yang telah dianalisis memiliki kaidah kebahasaan yang terdiri atas: pronomina (kata ganti), istilah dan makna, kelas kata, afiksasi (imbuhan), serta kalimat aktif dan pasif. Keterbacaan pada kelima teks eksposisi yang telah dianalisis menggunakan grafik fry memiliki tingkat keterbacaan yang sesuai karena berada dikategori kelas XI atau setara, sehingga teks tersebut dianggap sesuai untuk digunakan sebagai alternatif bahan ajar teks eksposisi di kelas XI. Hasil validasi oleh pendidik dan praktisi menunjukkan tingkat kelayakan yang tinggi, baik dari aspek isi maupun kebahasaan. Uji coba di kelas XI SMA Negeri 2 Ciamis memperlihatkan bahwa penggunaan teks eksposisi dari Kompas.com dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa teks eksposisi pada surat kabar Kompas.com edisi Januari 2024 layak dijadikan sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran teks eksposisi di kelas XI karena memenuhi kriteria struktur, kebahasaan, dan keterbacaan yang relevan dengan kebutuhan pembelajaran saat ini.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:25 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:25 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/905 |
