Rusmana, Syita Hadiati (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE WORD INDUCTIVE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 11 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (105kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (193kB)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (200kB)
4 ABSTRAK.pdf
Download (70kB)
5 KATA PENGANTAR.pdf
Download (137kB)
6 DAFTAR ISI.pdf
Download (98kB)
7 DAFTAR TAEBEL.pdf
Download (83kB)
8 DAFTAR DAGRAM.pdf
Download (75kB)
9 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (75kB)
10 BAB I.pdf
Download (152kB)
11 BAB II.pdf
Download (426kB)
12 BAB III.pdf
Download (394kB)
13 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (611kB)
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (84kB)
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (144kB)
16 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (76kB)
17 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini mengenai rendahnya kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks berita dan model pembelajaran. Aspek penting yang menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran, dengan menawarkan model pembelajaran Picture Word Inductive dalam pembelajaran menulis teks berita diyakini dapat menjadi solusi agar peserta didik berperan aktif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture word inductive dalam pembelajaran menulis teks berita pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 11 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain yaitu eksperimen semu. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 11 Tasikmalaya berjumlah 338 peserta didik. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VII D dan VII F yang berjumlah 64 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 26.0 for window. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, terdapat perbedaan hasil rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran menulis teks berita yakni, 66,4 (pretest) dan 83,9 (posttest), dengan selisih peningkatannya sebesar 17,5. Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran menulis teks berita yakni, 65,1 (pretest) dan 73,1 (posttest) dengan selisih peningkatannya sebesar 8. Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran menulis teks berita di kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0.512 dan 0.237 yang berkategori sedang. Berdasarkan pemerolehan nilai uji wilcoxon (uji beda) pada nilai N-Gain pembelajaran menulis teks berita mencapai taraf signifikansi 0.05. Artinya, model pembelajaran Picture Word Inductive berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 11 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:11 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:11 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/900 |
