Adiningsih, Dewi Fitriani (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Sodonghilir Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (282kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (286kB)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (261kB)
4 ABSTRAK.pdf
Download (144kB)
5 KATA PENGANTAR.pdf
Download (198kB)
6 DAFTAR ISI.pdf
Download (146kB)
7 DAFTAR TABEL.pdf
Download (121kB)
8 DAFTAR GRAFIK.pdf
Download (116kB)
9 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (114kB)
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (117kB)
11 BAB I.pdf
Download (340kB)
12 BAB II.pdf
Download (398kB)
13 BAB III.pdf
Download (290kB)
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (608kB)
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (270kB)
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (238kB)
17 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (182kB)
18 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Salah satu KD yang perlu dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP adalah KD 3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar serta KD 4.1 Menyimpulkan isi teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar. Namun, dalam praktiknya masih banyak peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu 80. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Talking Stick meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Sodonghilir tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan tes, dengan sumber data peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 4 Sodonghilir sebanyak 24 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil pengolahan data pada siklus pertama menunjukkan bahwa peserta didik yang belum mencapai KKM untuk KD 3.1 sebanyak 19 orang (79%) dan untuk KD 4.1 sebanyak 20 orang (83%). Setelah dilakukan tindakan pada siklus kedua, seluruh peserta didik mencapai KKM untuk kedua KD tersebut. Berdasarkan uji Wilcoxon, diperoleh W hitung = 0 < W tabel = 71,60. Dengan demikian, hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif, aktif, dan menyenangkan, khususnya pada materi teks berita.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 02:32 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 02:32 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/888 |
