EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL PADA BUNDARAN BYPASS MANGKUBUMI KOTA TASIKMALAYA

ATHIRAH, ZAHRAH (2025) EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL PADA BUNDARAN BYPASS MANGKUBUMI KOTA TASIKMALAYA. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR TABEL.pdf] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 9. BAB 1.pdf] Text
9. BAB 1.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 10. BAB 2.pdf] Text
10. BAB 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 11. BAB 3.pdf] Text
11. BAB 3.pdf

Download (813kB)
[thumbnail of 12. BAB 4.pdf] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 13. BAB 5.pdf] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Bundaran Bypass Mangkubumi merupakan jalur akses utama menuju pusat pendidikan dan perekonomian di kawasan tersebut. Bundaran ini mengalami kemacetan lalu lintas yang signifikan akibat peningkatan volume kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mencari solusi alternatif yang paling efektif untuk mengurangi kemacetan di Bundaran Bypass Mangkubumi. Penelitian dilakukan dengan cara observasi langsung selama 16 hari sebanyak tiga periode, yaitu pukul 07.00 – 08.00, pukul 11.00 – 13.00, dan pukul 16.00 – 18.00. Data tersebut dianalisis menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023 dan disimulasikan dengan perangkat lunak PTV Vissim. Berdasarkan hasil analisis PKJI 2023 pada kondisi eksisting diperoleh nilai arus lalu lintas total (����) = 4.965 smp/jam dan tundaan bundaran rata-rata = 17,41 detik/smp. Derajat kejenuhan untuk setiap pendekat adalah: 0,87 (Jl. Ir. H. Juanda), 0,74 (Jl. Brig. Jen. Sutoko), 0,85 (Jl. Mayor S. L. Tobing), 0,62 (Jl. Gubernur Sewaka), dan 0,81 (Jl. A. H. Nasution). Hasil yang diperoleh pada kondisi eksisting dinilai kurang optimal sehingga direncanakan solusi alternatif guna meningkatkan kinerja simpang. Perbaikan dilakukan dengan mengubah geometrik bundaran dan rekayasa lalu lintas. Solusi alternatif yang optimal yaitu dengan mengubah bundaran tidak bersinyal menjadi bundaran bersinyal dua fase yang secara efektif menurunkan derajat kejenuhan dan meningkatkan kinerja simpang.

Kata Kunci: Bundaran, Derajat Kejenuhan, PKJI 2023, PTV Vissim, Kinerja Simpang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 05 Nov 2025 06:55
Last Modified: 05 Nov 2025 06:55
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/857

Actions (login required)

View Item
View Item