Rahmatika, Resya (2025) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PROFESIONALISME GURU IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus : Siswa kelas VII SMPN 3 Jatiwaras Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya). Masters thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (48kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (388kB)
3. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Download (78kB)
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (47kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (68kB)
6. DAFTAR ISI-DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (77kB)
7. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (86kB)
8. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Download (227kB)
9. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Download (495kB)
10. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (30kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (96kB)
13. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab (UU No. 20,2003 pasal 3). Untuk mewujudkan tujuan diatas perlu peningkatan sumber daya manusia yang bermutu. Antara lain seorang pemimpin sekolah yang mampu memanage sekolah dengan baik dan tenaga pendidik atau guru yang profesional serta lingkungan sekolah yang baik dan kondusif mendukung profesionalisme guru meningkat yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar anak didik menjadi meningkat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Jatiwaras pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. hubungan antara profesionalisme guru dengan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Jatiwaras pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru dengan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Jatiwaras pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Popolasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII IPS di SMP Negeri 3 Jatiwaras Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 38 siswa dan 1 orang guru mata pelajaran IPS, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VII, yang menunjukkan bahwa semakin baik kepemimpinan kepala sekolah maka mengakibatkan semakin tinggi pula hasil belajar IPS siswa, begitu pula sebaliknya. Terdapat pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VII, yang menunjukkan bahwa apabila semakin tingginya profesionalisme guru maka akan menyebabkan pada semakin tingginya hasil belajar IPS siswa dan begitupun sebaliknya, serta kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama (simultan) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya.
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Hasil Belajar IPS
| Item Type: | Thesis (Masters) | 
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan Geografi | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 08:29 | 
| Last Modified: | 03 Nov 2025 08:29 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/710 | 
