MODEL PROMOSI DESA WISATA BERBASIS DIGITAL DI DESA TARAJU KECAMATAN TARAJU KABUPATEN TASIKMALAYA

GUSTAMAN, GUGI (2025) MODEL PROMOSI DESA WISATA BERBASIS DIGITAL DI DESA TARAJU KECAMATAN TARAJU KABUPATEN TASIKMALAYA. Masters thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01. Cover.pdf] Text
01. Cover.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 02. Lembar Pengesahan Gugi Gustaman.pdf] Text
02. Lembar Pengesahan Gugi Gustaman.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 03. Pernyataan Gugi Gustaman.pdf] Text
03. Pernyataan Gugi Gustaman.pdf

Download (966kB)
[thumbnail of 04. ABSTRAK.pdf] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 05. Kata Pengantar.pdf] Text
05. Kata Pengantar.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of 06. Daftar Isi Daftar Gambar Daftar Tabel.pdf] Text
06. Daftar Isi Daftar Gambar Daftar Tabel.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of 07. BAB I.pdf] Text
07. BAB I.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 08. BAB II.pdf] Text
08. BAB II.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 09. BAB III.pdf] Text
09. BAB III.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 10. BAB IV.pdf] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 11. BAB V.pdf] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 13. LAMPIRAN FOTO.pdf] Text
13. LAMPIRAN FOTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN INSTRUMEN.pdf] Text
14. LAMPIRAN INSTRUMEN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kawasan Desa Wisata Taraju Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya yang mempunyai atraksi wisata dan belum diketahui model promosi digital yang efektif dan inovatif guna meningkatkan visibiltas dan daya tarik wisata. Wisatawan yang megunjungi Desa Wisata Taraju hanya mengunjungi salah satu objek wisata saja dan kepadatan pengunjung bertumpu pada satu tempat. Permasalahan pada penelitian ini adalah apa sajakah yang menjadi daya tarik wisata di Desa Taraju Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya, bagaimanakah model promosi digital desa wisata yang tepat untuk diterapkan di Desa Taraju Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya, bagaimana dampak promosi digital desa wisata dalam meningkatkan perekonomian di Desa Taraju Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi daya tarik wisata di Desa Taraju Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya, untuk menganalisis model promosi digital desa wisata yang tepat untuk diterapkan di Desa Taraju Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya dan untuk meningkatkan dampak promosi digital desa wisata terhadap perekonomian di Desa Taraju Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Desa 1 orang, pengelola wisata 1 orang, pedagang 2 orang, pengunjung 3 orang dan masyarakat 3 orang. Model promosi digital yang diteliti yaitu model Model AISAS, yang merupakan kepanjangan dari Attention (Perhatian) , Interest (Ketertarikan), Search (Pencarian), Action (Aksi), dan Share (Berbagi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan platform digital seperti media sosial, website, dan aplikasi mobile dapat secara signifikan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Faktor faktor yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kunjungan Desa Wisata Taraju adalah penampilan atraksi kebudayaan dan dorongan Pemerintah Desa dalam mendukung daya tarik wisata budaya. Dengan implementasi model promosi ini, diharapkan Desa Taraju dapat menarik lebih banyak wisatawan, meningkatkan ekonomi lokal, dan menjaga kelestarian budaya serta lingkungan karena dampak negatif yang akan muncul dari perkembangan pariwisata adalah kerusakan lingkungan.

Kata kunci: Desa wisata, promosi digital, strategi pemasaran, teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 03 Nov 2025 02:35
Last Modified: 03 Nov 2025 02:35
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item
View Item