RAHAYU, WINDA (2025) PENGARUH MODEL KOLABORASI STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS POSTER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Sub Materi Mitigasi Bencana di kelas XI SMAN 10 Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (30kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (654kB)
3. PENGESAHAN SKRIPSI.pdf
Download (446kB)
4. LEMBAR PERNYATAN.pdf
Download (392kB)
5. ASBTRAK.pdf
Download (15kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (237kB)
7. UCAPAN TERIIMAKASIH.pdf
Download (137kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (427kB)
9. BAB I.pdf
Download (167kB)
10. BAB II.pdf
Download (288kB)
11. BAB III.pdf
Download (597kB)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (135kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (198kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
16. BIODATA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (239kB)
Abstract
Program kurikulum merdeka merupakan program yang lebih menekankan siswa untuk mampu memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi salah satunya kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan model kolaborasi Student Team Achievement Division (STAD) Dan Project Based Learning (PjBL) Berbasis Poster Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, dan untuk mengetahui pengaruh dari model kolaborasi Student Team Achievement Division (STAD) Dan Project Based Learning (PjBL) Berbasis Poster Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini ialah kelas XI.1 dan kelas XI.5 SMAN 10 Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian bahwa tahapan model kolaborasi Student Team Achievement Division (STAD) Dan Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan cara memberikan penjelasan sederhana melalui tayangan sebuah video, pembentukan kelompok dengan cara berhitung dari 1 sampai dengan 7, penjadwalan proyek yang dibahas oleh siswa dengan guru sebagai pendamping, pelaksanaan proyek dilakukan oleh semua anggota kelompok dengan mengisi LKPD dan membuat proyek dalam 1 handphone, poster proyek dan mind mapping hasil dari proyek yang dilakukan, tes individu dengan cara mencari kata menggunakan wordwall serta penilaian dan penghargaan yang di berikan pada kelompok dengan nilai tertinggi. Model kolaborasi Student Team Achievement Division (STAD) Dan Project Based Learning (PjBL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. hal tersebut dapat dilihat dari hasil Uji Wilcoxon 0.000<0,05 maka Ho di tolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan atau pengaruh dari penerapan model kolaborasi Student Team Achievement Division (STAD) Dan Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berikir kritis siswa kelas XI pada materi mitigasi bencana di SMAN 10 Tasikmalaya.
Kata Kunci :Model Pembelajaran, Student Team Achievement Division, Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi | 
| Depositing User: | dewi dewi dewi | 
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 02:23 | 
| Last Modified: | 03 Nov 2025 02:23 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/666 | 
