PENGARUH MODEL KOLABORASI STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS POSTER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Sub Materi Mitigasi Bencana di kelas XI SMAN 10 Tasikmalaya)

RAHAYU, WINDA (2025) PENGARUH MODEL KOLABORASI STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS POSTER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Sub Materi Mitigasi Bencana di kelas XI SMAN 10 Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of 3. PENGESAHAN SKRIPSI.pdf] Text
3. PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAN.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 5. ASBTRAK.pdf] Text
5. ASBTRAK.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIIMAKASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIIMAKASIH.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of 9. BAB I.pdf] Text
9. BAB I.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 10. BAB II.pdf] Text
10. BAB II.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 11. BAB III.pdf] Text
11. BAB III.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of 12. BAB IV.pdf] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 13. BAB V.pdf] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 16. BIODATA.pdf] Text
16. BIODATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)

Abstract

Program kurikulum merdeka merupakan program yang lebih menekankan siswa untuk mampu memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi salah satunya kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan model kolaborasi Student Team Achievement Division (STAD) Dan Project Based Learning (PjBL) Berbasis Poster Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, dan untuk mengetahui pengaruh dari model kolaborasi Student Team Achievement Division (STAD) Dan Project Based Learning (PjBL) Berbasis Poster Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini ialah kelas XI.1 dan kelas XI.5 SMAN 10 Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian bahwa tahapan model kolaborasi Student Team Achievement Division (STAD) Dan Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan cara memberikan penjelasan sederhana melalui tayangan sebuah video, pembentukan kelompok dengan cara berhitung dari 1 sampai dengan 7, penjadwalan proyek yang dibahas oleh siswa dengan guru sebagai pendamping, pelaksanaan proyek dilakukan oleh semua anggota kelompok dengan mengisi LKPD dan membuat proyek dalam 1 handphone, poster proyek dan mind mapping hasil dari proyek yang dilakukan, tes individu dengan cara mencari kata menggunakan wordwall serta penilaian dan penghargaan yang di berikan pada kelompok dengan nilai tertinggi. Model kolaborasi Student Team Achievement Division (STAD) Dan Project Based Learning (PjBL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. hal tersebut dapat dilihat dari hasil Uji Wilcoxon 0.000<0,05 maka Ho di tolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan atau pengaruh dari penerapan model kolaborasi Student Team Achievement Division (STAD) Dan Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berikir kritis siswa kelas XI pada materi mitigasi bencana di SMAN 10 Tasikmalaya.

Kata Kunci :Model Pembelajaran, Student Team Achievement Division, Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: dewi dewi dewi
Date Deposited: 03 Nov 2025 02:23
Last Modified: 03 Nov 2025 02:23
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item
View Item