BUDIMAN, VICKA MELIAWATI (2024) IMPLEMENTASI E-LKPD BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ALAT OPTIK (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (12kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (269kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (251kB)
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (9kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (361kB)
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (809kB)
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (166kB)
8. BAB 1.pdf
Download (114kB)
9. BAB 2.pdf
Download (426kB)
10. BAB 3.pdf
Download (301kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (332kB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (90kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (148kB)
14. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan berpikir kritis peserta didik terutama pada pembelajaran fisika serta kurangnya inovasi belajar fisika yang dilaksanakan di sekolah. Hasil tes studi pendahuluan menyatakan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik termasuk kategori sangat rendah dengan nilai 26,58%. Sebagai salah satu solusi untuk melatih keterampilan berpikir peserta didik dan memberikan inovasi belajar fisika, peneliti menggunakan eLKPD dan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) pada penelitiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi e-LKPD berbasis model Contextual Teaching Learning (CTL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Alat Optik. Metode yang digunakan dalam penelitian berupa kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya yang berjumlah 7 kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 39 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 berjumlah 38 orang sebagi kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh e-LKPD berbasis model Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Alat Optik di kelas XI IPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 dengan taraf kepercayaan 95%.
Kata kunci: e-LKPD, keterampilan berpikir kritis, alat optik, CTL
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 02 Nov 2025 16:05 |
| Last Modified: | 02 Nov 2025 16:05 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/651 |
