AWALUDDIN, RIFQI AZIZ (2025) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR PENCAK SILAT TENDANGAN LURUS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII K SMPN 5 TASIKMALAYA. Other thesis, Univeritas Siliwangi.
1. cover.pdf
Download (82kB)
2. Lembar pengesahan.pdf
Download (454kB)
3. Lembar penguji.pdf
Download (271kB)
4. Pernyataan.pdf
Download (280kB)
5. motto.pdf
Download (5kB)
6. abstrak.pdf
Download (10kB)
7. kata pengantar.pdf
Download (71kB)
8. ucapan terimaksih.pdf
Download (75kB)
9. daftar isi.pdf
Download (95kB)
10. bab i.pdf
Download (97kB)
11. bab ii.pdf
Download (176kB)
12. bab iii.pdf
Download (272kB)
13. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (168kB)
14. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9kB)
15. daftar pustaka.pdf
Download (142kB)
16. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
17. biodata.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan hasil belajar Pencak Silat teknik tendangan lurus pada peserta didik kelas VIII K SMPN 5 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII K SMPN 5 Tasikmalaya yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran tendangan lurus pada pencak silat melalui penerapan model Project Based Learning. Instrumen penelitian meliputi tes observasi dan tes unjuk kerja menggunakan rubrik penilaian yang terdapat pada modul ajar, dimaksudkan untuk mengetahui nilai proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar tendangan lurus melalui model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas VIII K SMPN 5 Tasikmalaya. Setelah penerapan model Project Based Learning dilakukan dalam 2 siklus, hasilnya mencapai rata-rata 83,83, di atas Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) yaitu 76. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran melalui model Project Based Learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar tendangan lurus pencak silat di kelas VIII K SMPN 5 Tasikmalaya.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Project Based Learning, Pencak Silat, Tendangan Lurus.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 02 Nov 2025 16:02 |
| Last Modified: | 02 Nov 2025 16:03 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/650 |
