Asri, Reina Nu (2025) PERAN INSTRUKTUR PADA PROGRAM PELATIHAN DESAIN GRAFIS (Studi pada Balai Latihan Kerja Komunitas Nurul Ihsan di Pondok Pesantren Nurul Ihsan Kampung Cicangkudu Desa Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya). Other thesis, Univeritas Siliwangi.
01 Cover.pdf
Download (222kB)
02 Lembar Pengesahan.pdf
Download (404kB)
03 Lembar Penguji.pdf
Download (260kB)
04 Lembar Penyataan Keaslian.pdf
Download (294kB)
05 Abstrak.pdf
Download (184kB)
06 Abstract.pdf
Download (183kB)
07 Kata Pengantar.pdf
Download (295kB)
08 Ucapan Terima kasih.pdf
Download (185kB)
09 Daftar Isi.pdf
Download (404kB)
10 Daftar Tabel.pdf
Download (180kB)
11 Daftar Gambar.pdf
Download (180kB)
12 Daftar Lampiran.pdf
Download (183kB)
13 Bab 1.pdf
Download (416kB)
14 Bab 2.pdf
Download (364kB)
15 Bab 3.pdf
Download (218kB)
16 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (299kB)
17 Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (185kB)
18 Daftar Pustaka.pdf
Download (420kB)
19 Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Perkembangan teknologi khususnya dalam bidang desain grafis, membuka banyak peluang untuk mendukung berbagai kegiatan, termasuk di pesantren. Namun, kurangnya keterampilan santri sekitar pesantren dalam bidang desain grafis dan terdapat ketidakseimbangan antara jumlah instruktur dengan jumlah peserta, sehingga kurang maksimal dalam menyampaikan materi dan kurang optimal dalam mendukung kegiatan promosi di pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran instruktur pada program pelatihan desain grafis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 6 peran instruktur pada program pelatihan desain grafis, diantaranya sebagai informator, instruktur melakukan pembaharuan materi dan menyampaikan materi dengan metode studi kasus untuk melatih cara berpikir kritis peserta; sebagai fasilitator, instruktur menciptakan suasana belajar yang menarik; sebagai motivator, instruktur memberikan stimulus dan apresiasi terhadap karya peserta; sebagai perencana, instruktur melakukan training need assessment untuk mengidentifikasi kebutuhan; sebagai pembimbing dan mentor, instruktur melakukan bimbingan khusus bagi peserta yang membutuhkan bantuan lebih lanjut; serta sebagai evaluator, instruktur melakukan evaluasi terhadap hasil belajar melalui tes tulis, tes wawancara, dan tes produk. Simpulan dari penelitian ini bahwa instruktur di BLK Komunitas Nurul Ihsan berperan pada program pelatihan desain grafis melalui beberapa peran yaitu sebagai informator, fasilitator, motivator, perencana, mentor dan pembimbing, serta evaluator.
Kata Kunci: Peran Instruktur, Pelatihan, Balai Latihan Kerja Komunitas.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat | 
| Depositing User: | user1 user1 user1 | 
| Date Deposited: | 02 Nov 2025 13:07 | 
| Last Modified: | 02 Nov 2025 13:07 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/633 | 
