Cahya, Rahma Naila (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENULIS TEKS BERITA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Univeritas Siliwangi.
1. cover.pdf
Download (202kB)
2. pengesahan.pdf
Download (280kB)
3. pernyataan.pdf
Download (170kB)
4. abstrak.pdf
Download (285kB)
5. kata pengantar.pdf
Download (246kB)
6. daftar isi.pdf
Download (354kB)
7. bab i.pdf
Download (325kB)
8. bab ii.pdf
Download (473kB)
9. bab iii.pdf
Download (662kB)
10. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (246kB)
12. daftar pustaka.pdf
Download (252kB)
13. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (252kB)
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Aspek penting yang mempengaruhi keberhasilan suatu proses pembelajaran yaitu ketepatan dalam memilih metode pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode joyfull learning terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita berdasarkan strukturnya dan kemampuan menulis teks berita sesuai dengan struktur dan ciri kebahasaannya pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Teknik penelitian yang penulis gunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan tes.
Hasil perhitungan data, diperoleh rata-rata nilai peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran mengidentifikasi unsur teks berita berdasarkan strukturnya yakni 57,60 (pretest) dan 83,09 (posttest). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik di kelas kontrol yakni 62,37 (pretest) dan 82,68 (posttest). Rata-rata nilai peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran menulis teks berita sesuai dengan struktur dan ciri kebahasaannya yakni 48,84 (pretest) dan 75,18 (posttest). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik di kelas kontrol yakni 47,06 (pretest) dan 73,90 (posttest).
Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita di kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,548 dan 0,493 yang berkategori sedang. Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran menulis teks berita di kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,518 dan 0,504 yang berkategori sedang.
Berdasarkan pemerolehan nilai uji Wilcoxon (uji beda) pada nilai N-Gain pembelajaran mengidentifikasi dan menulis teks berita mencapai taraf signifikansi <0,05. Artinya, metode pembelajaran joyfull learning berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi dan menulis teks berita pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Tasikmalaya Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 02 Nov 2025 06:17 |
| Last Modified: | 02 Nov 2025 06:17 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/626 |
