Sobah, Risa Nur (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA ILUSTRASI GAMBAR (PUZZLE). Other thesis, Univeritas Siliwangi.
1. cover.pdf
Download (83kB)
2. pengesahan.pdf
Download (315kB)
3. pernyataan.pdf
Download (274kB)
4. abstrak.pdf
Download (61kB)
5. kata pengantar.pdf
Download (129kB)
6. daftar isi.pdf
Download (96kB)
7. bab i.pdf
Download (158kB)
8. bab ii.pdf
Download (214kB)
9. bab iii.pdf
Download (215kB)
10. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (527kB)
11. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (63kB)
12. daftar pustaka.pdf
Download (127kB)
13. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (70kB)
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Salah satu Tujuan Pembelajaran (TP) yang harus dikuasai oleh peserta didik SMP Negeri Gunungtanjung kelas VII adalah Menulis gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan, atau pesan tertulis dalam bentuk teks deskripsi. Pemerolehan nilai dalam pembelajaran menulis teks deskripsi kelas VII-A SMP Negeri Gunungtanjung sebagian besar belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)yang ditetapkan sekolah yaitu 78. Terdapat sebanyak 21 atau 72% peserta didik yangbelum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dan terdapatsebanyak 8 atau 28% peserta didik yang sudah mencapai Kriteria Ketercapaian TujuanPembelajaran (KKTP).Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya modelpembelajaran Discovery Learning berbantuan media ilustrasi gambar (puzzle)meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII-A SMP Negeri Gunungtanjung tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang penulisgunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik penelitian yangpenulis gunakan adalah Teknik wawancara, observasi, dan tes dengan sumber datapeserta didik kelas VII-A SMP Negeri Gunungtanjung tahun ajaran 2023/2024.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran menulis teksdeskripsi pada siklus kesatu sebanyak 15 atau 52% peserta didik sudah mencapaiKriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dan dan 14 atau 48% peserta didikbelum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Pada sikluskedua terjadi peningkatan sehingga sebanyak 29 atau 100% peserta didik telahmencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang sudah ditentukanyaitu 78. Berdasarkan hasil uji normalitas data nilai menulis teks deskripsi pada sikluskesatu dan kedua berdistribusi tidak normal sehingga penulis menghitung uji bedadengan menggunakan uji Wilcoxon. Diketahui bahwa hasil uji Wilcoxon menunjukkanW hitung dengan (0) lebih kecil daripada W tabel (209,6) dalam taraf signifikansi(0,01). Artinya terdapat peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaranDiscovery Learning berbantuan media ilustrasi gambar (puzzle) dapat meningkatkankemampuan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII-A SMP NegeriGunungtanjung tahun ajaran 2023/2024. Artinya, hipotesis penulis diterima danterbukti kebenarannya.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 02 Nov 2025 05:15 |
| Last Modified: | 02 Nov 2025 05:15 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/625 |
