Sanjani, Sifa Bialvi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS TANGGAPAN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Salawu Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Univeritas Siliwangi.
1. cover.pdf
Download (176kB)
2. pengesahan.pdf
Download (287kB)
3. pernyataan.pdf
Download (234kB)
4. abstrak.pdf
Download (272kB)
5. kata pengantar.pdf
Download (183kB)
6. daftar isi.pdf
Download (287kB)
7. bab i.pdf
Download (253kB)
8. bab ii.pdf
Download (412kB)
9. bab iii.pdf
Download (625kB)
10. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (905kB)
11. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (233kB)
12. daftar pustaka.pdf
Download (214kB)
13. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (177kB)
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranProject Based Learning terhadap kemampuan menulis teks tanggapan pada pesertadidik kelas VII SMP 1 Salawu Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Penulismelakukan penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan model pembelajaran yangditerapkan pada proses pembelajaran pada peserta didik dengan keterlibatan pesertadidik secara aktif.Metode penelitian yang digunakan yakni metode eksperimen semu. Teknikpengumpulan data yang digunakan yakni teknik wawancara, teknik observasi, danteknik tes. Populasi penelitian ini yakni peserta didik kelas VII SMPN 1 SalawuKabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian yakni kelas VII Cyang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B yang berjumlah 30orang sebagai kelas kontrol.Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, terdapat perbedaan hasilrata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ratarata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran menulisteks tanggapan yakni, 56,96 (pretest) dan 87,93 (posttest), dengan selisihpeningkatannya sebesar 30,97. Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelaskontrol pada pembelajaran menulis teks tanggapan yakni 55.13 (prestest) dan 80,03(postest), dengan selisih peningkatannya 24,9. Hasil uji normalitas berdistribusi tidaknormal dengan nilai signifikansi 0,011< 0.05. Maka dilakukan uji wilcoxcon (uji beda)pada nilai N-Gain dalam pembelajaran menulis teks tanggapan mencapai tarafsignifikansi <0,05. Artinya model pembelajaran Project Based Learning berpengaruhterhadap kemampuan menulis teks tanggapan pada peserta didik kelas VII SMPN 1Salawu Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia | 
| Depositing User: | user1 user1 user1 | 
| Date Deposited: | 02 Nov 2025 03:28 | 
| Last Modified: | 02 Nov 2025 03:28 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/621 | 
