OPTIMASI JUMLAH CLUSTER UNTUK ANALISIS PENJUALAN BARANG KOSMETIK MENGGUNAKAN K-MEDOIDS

Rindiawan, Selvina Zalfa (2024) OPTIMASI JUMLAH CLUSTER UNTUK ANALISIS PENJUALAN BARANG KOSMETIK MENGGUNAKAN K-MEDOIDS. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 3. PENGESAHAN PENGUJI SIDANG TUGAS AKHIR.pdf] Text
3. PENGESAHAN PENGUJI SIDANG TUGAS AKHIR.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN TUGAS AKHIR.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN TUGAS AKHIR.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 5. ABSTRACT.pdf] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 7. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf] Text
7. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 8. KATA PENGANTAR.pdf] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 11. BAB I.pdf] Text
11. BAB I.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 12. BAB II.pdf] Text
12. BAB II.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 13. BAB III.pdf] Text
13. BAB III.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 14. BAB IV.pdf] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[thumbnail of 15. BAB V.pdf] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[thumbnail of 16. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan jumlah cluster dalam analisis penjualan produk kosmetik menggunakan algoritma K-Medoids pada data penjualan toko KTT. Untuk menentukan jumlah cluster yang optimal, dengan menerapkan metode elbow, silhouette analysis, dan gap statistic dengan menggunakan Python selama analisis data dan implementasi algoritma. Dataset yang dianalisis mencakup data penjualan bulanan dengan atribut seperti jumlah unit penjualan, harga unit, dan total pendapatan. Pada ketiga metode tersebut masing masing memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga menghasilkan nilai jumlah cluster optimum yang juga berbeda untuk dataset yang digunakan, perbedaan penentuan jumlah cluster optimal tidak berarti menggugurkan atau melemahkan antara satu metode dengan metode lainnya, melainkan dapat digunakan untuk bahan mengevaluasi satu dan yang lainnya. Dimana pada penelitian ini jumlah optimal cluster ditentukan dengan memperhatikan hasil dari tiap metode dengan mengambil nilai tengah. Terdapat 2 kategori pengelompokkan produk yang memiliki penjualan terbanyak dan produk yang kurang laku. Kategori produk yang memiliki penjualan terbanyak terdapat 3 kategori yaitu wardah, somethinc, dan focallure. Sedangkan kategori produk yang kurang laku terdapat 2 kategori yaitu instaperfect dan dazzle me.

Kata kunci – Clustering, K-Medoids, Elbow Method, Silhouette Analysis, Gap Statistic.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 23 Oct 2025 01:44
Last Modified: 23 Oct 2025 01:55
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item
View Item