THAHARA, NAURA ALIFA (2025) PERAN GURU PJOK DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI SOSIAL DI SMA NEGERI 5 KOTA BEKASI. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (82kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (66kB)
3. DEWAN PENGUJI.pdf
Download (63kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (74kB)
5. MOTTO & PERSEMBAHAN.pdf
Download (126kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (10kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (67kB)
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (92kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (47kB)
10. BAB 1.pdf
Download (102kB)
11. BAB 2.pdf
Download (231kB)
12. BAB 3.pdf
Download (210kB)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (288kB)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (176kB)
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12kB)
Abstract
Tantangan yang dihadapi dalam mengintegrasikan nilai sosial dalam kurikulum PJOK di SMA Negeri 5 Kota Bekasi, penelitian ini penting dilakukan untuk memahami peran guru PJOK dalam penerapan nilai sosial selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menggali informasi peran guru PJOK dalam mengintegrasikan nilai sosial di SMA Negeri 5 Kota Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode deskritif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu fenomena tertentu. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi nilai sosial seperti kerjasama, tanggung jawab, dan Fairplay dalam pembelajaran PJOK memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan karakter siswa. Melalui kegiatan olahraga yang melibatkan interaksi sosial, siswa tidak hanya mengembangkan keterampilan fisik, tetapi juga belajar untuk saling menghargai, bekerja sama, dan mengatasi konflik dengan cara yang konstruktif. Guru PJOK berperan aktif dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, serta memberikan bimbingan dan refleksi yang membantu siswa memahami pentingnya nilai-nilai sosial dalam konteks olahraga dan kehidupan sehari-hari. Meskipun terdapat tantangan dalam mengubah pola pikir siswa yang terlalu fokus pada hasil akhir, pendekatan yang tepat dari guru dapat membantu siswa untuk lebih menghargai proses dan nilai-nilai sosial. Dengan demikian, pembelajaran PJOK di SMA Negeri 5 Kota Bekasi berkontribusi pada pembentukan generasi muda yang tidak hanya unggul secara fisik, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan positif dalam berbagai aspek kehidupan.
Kata kunci: Keterampilan, Nilai Sosial, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
| Depositing User: | dewi dewi dewi |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 01:04 |
| Last Modified: | 31 Oct 2025 01:04 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/558 |
