ZAIDAAN, ROFI (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM GAME TOURNAMENTPADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SELAMANIK TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (83kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (77kB)
3. DEWAN PENGUJI.pdf
Download (70kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (80kB)
5. MOTTO & PERSEMBAHAN.pdf
Download (65kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (11kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (6kB)
8. UCAPAN TERIMAKSIH.pdf
Download (93kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (140kB)
10. BAB 1.pdf
Download (103kB)
11. BAB 2.pdf
Download (169kB)
12. BAB 3.pdf
Download (280kB)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (385kB)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (134kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dribbling dalam permainan sepak bola pada siswa kelas V SD Negeri 1 Selamanik melalui penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT). Berdasarkan hasil observasi, hanya sekitar 40% siswa yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) pada materi dribbling. Hal ini menunjukkan adanya kesulitan dalam penerimaan materi dan kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran sepak bola. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model TGT yang mengedepankan kerja sama antar siswa dan membuat pembelajaran lebih atraktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan kolaborasi antara peneliti, guru, dan kepala sekolah. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu pra-siklus, siklus I, dan siklus II, dengan pengamatan terhadap perkembangan siswa dalam aspek kognitif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar dribbling siswa setelah penerapan model TGT, terbukti dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa pada evaluasi di akhir siklus II. Dengan demikian, model pembelajaran Team Game Tournamentterbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan dribbling dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, serta dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi guru dan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK, khususnya pada materi sepak bola.
Kata kunci:, Dribbling, Hasil Belajar, Pembelajaran, Sepak Bola, Team Game Tournamen t(TGT).
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
| Depositing User: | dewi dewi dewi |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 00:52 |
| Last Modified: | 31 Oct 2025 00:52 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/557 |
