IMADUDIN, RIFKI MUHAMAD (2025) MINAT PELAKU USAHA PENGOLAHAN IKAN TERHADAP PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL MARKETING. Masters thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (117kB)
2. LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf
Download (898kB)
3. LEMBAR PENGESAHAN TESIS.pdf
Download (1MB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (203kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (119kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (84kB)
7. DAFTAR TABEL.pdf
Download (122kB)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (117kB)
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (180kB)
10. BAB I.pdf
Download (261kB)
11. BAB II.pdf
Download (336kB)
12. BAB III.pdf
Download (420kB)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (153kB)
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (348kB)
15. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (185kB)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (219kB)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat pelaku usaha pengolahan ikan terhadap pemanfaatan teknologi digital marketing; (2) menganalisis minat pelaku usaha pengolahan ikan terhadap pemanfaatan teknologi digital marketing; (3) menganalisis pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi minat pelaku usaha terhadap minat pelaku usaha pengolah ikan dalam pemanfaatan teknologi digital marketing; dan (4) mengidentifikasi prioritas permasalahan terkait akses digital marketing untuk usaha pengolahan ikan. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Tasikmalaya dari bulan Oktober 2024 – Mei 2025 kepada pelaku usaha pengolah ikan yang tergabung dalam kelompok pengolah dan pemasaran ikan dengan sampel sebanyak 35 orang. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif, analisis regresi linier berganda, dan analisis fishbone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat pelaku usaha pengolah ikan terhadap digital marketing yang berkategori tinggi meliputi pengetahuan, kemudahan, kepercayaan, kegunaan, keuntungan, dan akses teknologi, sedangkan persepsi risiko berada pada kategori sedang. Minat pelaku pelaku usaha pengolahan ikan terhadap pemanfaatan teknologi digital marketing yang diukur berdasarkan kesadaran, rasa ingin menggunakan, penilaian, dan rasa ingin mempelajari termasuk pada kategori tinggi. Secara simultan, variabel faktor-faktor yang mempengaruhi minat pelaku usaha memiliki pengaruh terhadap minat pelaku usaha pengolahan ikan dalam teknologi digital marketing. Secara parsial variabel pendidikan, pendapatan, skala usaha, dan akses teknologi masing-masing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pelaku usaha pengolahan ikan dalam teknologi digital marketing. Pemanfaatan teknologi digital marketing yang rendah oleh para pelaku usaha pengolahan ikan disebabkan oleh beberapa hal permasalahan prioritas, diantaranya yaitu permasalahan sumber daya manusia, lingkungan, teknologi, dan akses belajar.
Kata kunci: Minat, Pelaku Usaha Pengolahan Ikan, Digital Marketing
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > S2 Agribisnis |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 07:47 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 07:47 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/549 |
