MINAT PELAKU USAHA PENGOLAHAN IKAN TERHADAP PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL MARKETING

IMADUDIN, RIFKI MUHAMAD (2025) MINAT PELAKU USAHA PENGOLAHAN IKAN TERHADAP PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL MARKETING. Masters thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf] Text
2. LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (898kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGESAHAN TESIS.pdf] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN TESIS.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR TABEL.pdf] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 10. BAB I.pdf] Text
10. BAB I.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 11. BAB II.pdf] Text
11. BAB II.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 12. BAB III.pdf] Text
12. BAB III.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 13. BAB IV.pdf] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[thumbnail of 14. BAB V.pdf] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[thumbnail of 15. BAB VI.pdf] Text
15. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[thumbnail of 16. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 17. LAMPIRAN.pdf] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat pelaku usaha pengolahan ikan terhadap pemanfaatan teknologi digital marketing; (2) menganalisis minat pelaku usaha pengolahan ikan terhadap pemanfaatan teknologi digital marketing; (3) menganalisis pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi minat pelaku usaha terhadap minat pelaku usaha pengolah ikan dalam pemanfaatan teknologi digital marketing; dan (4) mengidentifikasi prioritas permasalahan terkait akses digital marketing untuk usaha pengolahan ikan. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Tasikmalaya dari bulan Oktober 2024 – Mei 2025 kepada pelaku usaha pengolah ikan yang tergabung dalam kelompok pengolah dan pemasaran ikan dengan sampel sebanyak 35 orang. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif, analisis regresi linier berganda, dan analisis fishbone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat pelaku usaha pengolah ikan terhadap digital marketing yang berkategori tinggi meliputi pengetahuan, kemudahan, kepercayaan, kegunaan, keuntungan, dan akses teknologi, sedangkan persepsi risiko berada pada kategori sedang. Minat pelaku pelaku usaha pengolahan ikan terhadap pemanfaatan teknologi digital marketing yang diukur berdasarkan kesadaran, rasa ingin menggunakan, penilaian, dan rasa ingin mempelajari termasuk pada kategori tinggi. Secara simultan, variabel faktor-faktor yang mempengaruhi minat pelaku usaha memiliki pengaruh terhadap minat pelaku usaha pengolahan ikan dalam teknologi digital marketing. Secara parsial variabel pendidikan, pendapatan, skala usaha, dan akses teknologi masing-masing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pelaku usaha pengolahan ikan dalam teknologi digital marketing. Pemanfaatan teknologi digital marketing yang rendah oleh para pelaku usaha pengolahan ikan disebabkan oleh beberapa hal permasalahan prioritas, diantaranya yaitu permasalahan sumber daya manusia, lingkungan, teknologi, dan akses belajar.

Kata kunci: Minat, Pelaku Usaha Pengolahan Ikan, Digital Marketing

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Agribisnis
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 30 Oct 2025 07:47
Last Modified: 30 Oct 2025 07:47
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item
View Item