Zalzabila, Adinda (2025) EVALUASI PELATIHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN FORMATIVE VS SUMMATIVE PADA PROGRAM PENINGKATAN KAPASITAS KINERJA KADER POSYANDU (Studi menggunakan Model Evaluasi Brinkerhoff pada Kader Posyandu Desa Sukamulya Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (111kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (385kB)
4. MOTTO.pdf
Download (78kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (130kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (81kB)
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (94kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (159kB)
9. BAB I.pdf
Download (159kB)
10. BAB II.pdf
Download (613kB)
11. BAB III.pdf
Download (228kB)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (838kB)
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (117kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (180kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Program peningkatan kapasitas kinerja kader Posyandu di Desa Sukamulya merupakan program rutin tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah desa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader Posyandu dalam mendukung pelayanan kesehatan masyarakat. Namun, pelaksanaan program ini menghadapi beberapa kendala, seperti terbatasnya alat peraga edukasi (APE), metode pelatihan yang kurang efektif, dan keterbatasan sarana prasarana. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi formatif dan sumatif untuk memastikan bahwa program yang dijalankan tidak hanya efektif dalam pencapaian tujuannya, tetapi juga dapat diperbaiki dan disesuaikan selama proses pelaksanaan. Evaluasi formatif membantu dalam memperbaiki aspek-aspek yang belum optimal, sementara evaluasi sumatif memberikan gambaran tentang keberhasilan atau kegagalan program secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang diisi oleh 35 kader Posyandu Desa Sukamulya, dan analisis data dilakukan dengan pendekatan statistik deskriptif. Hasil evaluasi formatif menunjukkan bahwa kesiapan dan perancangan program berada pada kategori sedang atau cukup baik dengan persentase 54%, sementara 23% menilai tinggi/baik dan 23% lainnya menilai rendah/kurang baik. Evaluasi sumatif mengungkap bahwa keberhasilan keseluruhan program berada pada kategori sedang atau cukup baik dengan persentase 49%, sementara 34% menilai tinggi/baik dan 17% menilai rendah/kurang baik. Temuan ini menunjukkan bahwa program telah memberikan manfaat bagi kader Posyandu, namun masih terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki, terutama dalam metode pelatihan yang lebih interaktif, pendampingan pasca-pelatihan, serta kesinambungan program agar dampaknya lebih optimal di lapangan.
Kata Kunci: Kapasitas Kinerja, Kader Posyandu, Model Evaluasi Brinkerhoff, Pelatihan.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 04:42 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 04:42 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/527 |
