ANALISIS STRATEGI PROMOSI PRODUK GADAI EMAS DI BJB SYARIAH KCP CIKURUBUK

Ramadania, Desy (2025) ANALISIS STRATEGI PROMOSI PRODUK GADAI EMAS DI BJB SYARIAH KCP CIKURUBUK. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of 3. PERNYATAAN.pdf] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 5. PEDOMAN.pdf] Text
5. PEDOMAN.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah adanya ketidakcapaian target pembiayaan produk gadai emas hal ini menciptakan persepsi negatif di kalangan masyarakat tentang kemampuan bank dalam menawarkan produk yang kompetitif, yang mungkin juga dapat berdampak pada produk lain dan pendapatan keseluruhan Bank BJB Syariah KCP Cikurubuk Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi produk gadai emas di BJB Syariah KCP Cikurubuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara semi terstruktur sebagai instrumen utama. Data diperoleh langsung dari pihak bank dan sumber lain,yang kemudian dianalisis secara sistematis untuk memahami efektivitas dari bauran promosi yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun BJB Syariah telah menerapkan lima alat promosi utama periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan pribadi, dan pemasaran langsung hanya promosi penjualan, penjualan pribadi, dan pemasaran langsung yang terbukti memberikan dampak signifikan dalam menarik minat nasabah dan meningkatkan pembiayaan produk gadai emas. Temuan ini menegaskan pentingnya pemilihan strategi promosi yang tepat dalam meningkatkan kinerja keuangan dan daya tarik produk keuangan syariah. Penelitian ini juga memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi promosi dalam industri jasa keuangan syariah secara umum. Dengan hal ini BJB Syariah sebaiknya lebih fokus terhadap promosi penjualan dan penjualan perorangan.

Kata Kunci: Strategi Promosi, Gadai, BJB Syariah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 30 Oct 2025 04:07
Last Modified: 30 Oct 2025 04:07
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item
View Item