PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA JEOPARDY GAME DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kebijakan Moneter dan Kebijakan Fiskal Kelas XI SMAN 1 Jatiwaras)

ASRIAWATI, SRI (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA JEOPARDY GAME DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kebijakan Moneter dan Kebijakan Fiskal Kelas XI SMAN 1 Jatiwaras). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. cover.pdf] Text
1. cover.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 2. pengesahan.pdf] Text
2. pengesahan.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 3. penguji.pdf] Text
3. penguji.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 4. pernyataan.pdf] Text
4. pernyataan.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 5. abstrak.pdf] Text
5. abstrak.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 6.kata pengantar.pdf] Text
6.kata pengantar.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 7. ucapan terima kasih.pdf] Text
7. ucapan terima kasih.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 8. daftar isi.pdf] Text
8. daftar isi.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 9. bab 1.pdf] Text
9. bab 1.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 10. bab 2.pdf] Text
10. bab 2.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of 11. bab 3.pdf] Text
11. bab 3.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of 12. bab 4.pdf] Text
12. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[thumbnail of 13. bab 5.pdf] Text
13. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[thumbnail of 14. daftar pustaka.pdf] Text
14. daftar pustaka.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 15. lampiran.pdf] Text
15. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 16. riwayat hidup.pdf] Text
16. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya nilai kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMAN 1 Jatiwaras. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media jeopardy game dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran ekonomi materi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal kelas XI SMAN 1 Jatiwaras. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen tes kemampuan kognitif berupa soal Pilihan Ganda (PG). Populasinya adalah kelas XI SMAN 1 Jatiwaras tahun ajaran 2024/2025 yang mengambil mata pelajaran ekonomi dengan total 6 kelas yang berjumlah 203 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 68 siswa yaitu kelas XI-8 (34 siswa) sebagai kelas eksperimen dan XI-6 (34 siswa) sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media jeopardy game dengan nilai signifikansi 0,001 yang berarti hipotesis diterima. Namun, kemampuan kognitif kelas eksperimen belum mampu menandingi kelas kontrol dengan nilai kemampuan kognitif tertinggi mata pelajaran ekonomi. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media jeopardy game dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

Kata Kunci: Discovery Learning, Jeopardy Game, Kemampuan Kognitif Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 30 Oct 2025 03:34
Last Modified: 30 Oct 2025 03:34
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item
View Item