FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PEMBELIAN KOSMETIK HALAL PADA MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS SILIWANGI

NAILA, RIFAN MUJTABA (2025) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PEMBELIAN KOSMETIK HALAL PADA MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS SILIWANGI. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover.pdf] Text
01 Cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 02 Lembar Pengesahan.pdf] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 03 Lembar Pernyataan.pdf] Text
03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 04 Abstrak.pdf] Text
04 Abstrak.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 05 Abstract.pdf] Text
05 Abstract.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 06 Pedoman Transliterasi.pdf] Text
06 Pedoman Transliterasi.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of 07 Kata Pengantar.pdf] Text
07 Kata Pengantar.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 08 Daftar Isi.pdf] Text
08 Daftar Isi.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 09 Daftar Gambar.pdf] Text
09 Daftar Gambar.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 10 Daftar Tabel.pdf] Text
10 Daftar Tabel.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 11 BAB 1.pdf] Text
11 BAB 1.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of 12 BAB 2.pdf] Text
12 BAB 2.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of 13 BAB 3.pdf] Text
13 BAB 3.pdf

Download (512kB)
[thumbnail of 14 BAB 4.pdf] Text
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[thumbnail of 15 BAB 5.pdf] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[thumbnail of 16 Daftar Pustaka.pdf] Text
16 Daftar Pustaka.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 17 Lampiran.pdf] Text
17 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)

Abstract

Pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia, dapat disimpulkan bahwa
industri ini mengalami pertumbuhan yang positif setiap tahunnya. Pada periode
tahun 2010 hingga 2023 industri kosmetik mengalami kenaikan sebesar 3,069 juta
dolar AS dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 0,219 juta dolar AS per tahun.
Industri kosmetik di Indonesia terus tumbuh dari tahun ke tahun. Namun, tidak
semua produk kosmetik yang beredar di Indonesia bersertifikat halal dan aman
untuk digunakan, berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini untuk
menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat pembelian kosmetik.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui
kuesioner dengan menggunakan skala likert. Populasi pada penelitian ini yaitu
Mahasiswa/i Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi dengan sampel
sebanyak 138 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu
menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria pernah membeli
kosmetik halal. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner
yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang
digunakan pengujian hipotesis menggunakan alat bantu SEM-PLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Merek dan label halal tidak
berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian. Hal ini dilihat dari nilai sig.
lebih besar dari 0,05. Hanya variabel Harga, Kualitas Produk dan Religiusitas
yang mempengaruhi minat pembelian. Sementara itu religiusitas sebagai variabel
moderasi memperlemah hubungan antara Harga dan Label Halal terhadap minat
pembelian dan memperkuat hubungan antara Merek dan Kualitas Produk.
Kata Kunci: Minat Pembelian, Merek, Label Halal, Harga, Kualitas Produk,
Religiusitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 22 Oct 2025 06:17
Last Modified: 22 Oct 2025 06:17
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item
View Item