AZKIA, MOHAMAD DZIKY (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ICT PADA SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 5 TASIKMALAYA. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (65kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (171kB)
3 LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (290kB)
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (345kB)
5 MOTTO HIDUP.pdf
Download (114kB)
6 ABSTRAK.pdf
Download (57kB)
7 KATA PENGANTAR.pdf
Download (117kB)
8 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (122kB)
9 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (80kB)
10 BAB 1.pdf
Download (139kB)
11 BAB 2.pdf
Download (236kB)
12 BAB 3.pdf
Download (183kB)
13 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (202kB)
14 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (55kB)
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (125kB)
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (54kB)
Abstract
Di kelas VIII H SMP Negeri 5 Tasikmalaya, menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum memenuhi KTTP. Dari 32 siswa, hanya 6 siswa atau 18,75 % sudah mencapai ketentutasan melakukan dribbling sepakbola. Sementara itu, 26 siswa atau 81,25 % belum mencapai ketuntasan dalam melakukan teknik dasar dribbling sepak bola. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran problem based learning berbasis ICT dapat meningkatkan hasil belajar dribbling permainan sepak bola pada peserta didik kelas VIII H SMPN 5 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan 2 siklus.Subjek penelitian siswa kelas VIII H SMPN 5 Tasikmalaya jumlah laki-laki 13 dan perempuan 19 siswa, objek penelitian ini adalah proses pembelajaran dribbling permainan sepak bola melalui penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis ICT. Instumen penelitian menerapkan tes observasi dan tes unjuk kerja menggunakan rubrik penilaian yang terdapat pada Modul ajar dimaksudkan untuk mengetahui nilai proses. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar dribbling permainan sepak bola melalui model pembelajaran problem based learning berbasis ICT pada siswa kelas VIII H SMPN 5 Tasikmalaya, hasil belajar peserta didik sebelum dilakukannya tindakan nilai rata-rata adalah 55,18 denga ketuntasan 18,75%. Sedangkan pada pelaksanaan siklus I nilai rata-ratanya adalah 70,74 dengan ketunntasan 40,62%. Dan pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata 87,1 dengan ketuntasan 87,78%. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran melalui model pembelajaran problem based learning berbasis ICT terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dribbling permainan sepak bola t di Kelas VIII H SMPN 5 Tasikmalaya.
Kata kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning,ICT,dribbling, Sepak Bola
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani | 
| Depositing User: | dewi dewi dewi | 
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 02:32 | 
| Last Modified: | 30 Oct 2025 02:32 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/471 | 
