SARI, ASTI JUPITA (2025) PENGARUH METODE PERMAINAN BOWLING TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS 6 MAN 1 KOTA TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER .pdf
Download (49kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf
Download (88kB)
3. LEMBAR PENGUJI .pdf
Download (98kB)
4 PERNYATAAN KEASLIAN KARYA .pdf
Download (96kB)
5. HALAMAN PRIBADI .pdf
Download (147kB)
6. ABSTRAK .pdf
Download (151kB)
7. KATA PENGANTAR .pdf
Download (92kB)
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (28kB)
9. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR TABEL, DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (117kB)
10. BAB I .pdf
Download (119kB)
11. BAB II .pdf
Download (174kB)
12. BAB III .pdf
Download (337kB)
13. BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (177kB)
14. BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (32kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (100kB)
16. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
17. RIWAYAT HIDUP .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (100kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan bowling terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran sejarah Indonesia materi sistem politik dan ekonomi Indonesia pada masa orde baru di kelas XII IPS 6 MAN 1 Kota Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen bentuk Nonequivalent control Group Design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII IPS MAN 1 Kota Tasikmalaya yang berjumlah 182 orang yang terbagi ke dalam 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII IPS 6 (kelas eksperimen) yang berjumlah 29 orang dan kelas XII IPS 5 (kelas kontrol) yang berjumlah 29 orang. Sampel ini diambil dengan Teknik purposive sampling atau dengan pertimbangan tertentu. Data dikumpulkan melalui angket serta dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, hipotesis dan uji N-Gain. Hasil uji statistik menggunakan uji hipotesis independent sample t test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode permainan bowling terhadap minat belajar sejarah siswa kelas XII IPS 6 MAN 1 Kota Tasikmalaya dan berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh rata-rata N gain di kelas eksperimen sebesar 0,69. Jika berlandaskan pada klasifikasi N-Gain score, nilai yang dihasilkan dalam uji tersebut bisa disebutkan bahwa penggunaan permainan bowling efektif dengan kategori sedang terhadap peningkatan minat belajar sejarah siswa di kelas XII IPS 6 MAN 1 Kota Tasikmalaya.
Kata Kunci: Permainan Bowling, Minat Belajar, Pembelajaran Sejarah
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 08:23 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 08:23 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/440 | 
