AZZAHRA, SALMA FADILA (2025) PENGARUH METODE PERMAINAN DETEKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X - 2 DI SMAN 2 SINGAPARNA. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (168kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (204kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (160kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Download (249kB)
5. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (158kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (150kB)
7. ABSTRACT.pdf
Download (148kB)
8. KATA PENGANTAR.pdf
Download (151kB)
9. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (177kB)
10. DAFTAR ISI.pdf
Download (172kB)
11. DAFTAR TABEL.pdf
Download (155kB)
12. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (148kB)
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (232kB)
14. BAB I.pdf
Download (275kB)
15. BAB II.pdf
Download (311kB)
16. BAB III.pdf
Download (411kB)
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (297kB)
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (175kB)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (232kB)
20. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
21. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (157kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan detektif terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas X - 2 di SMAN 2 Singaparna. Masalah yang ditemukan yaitu kurangnya minat belajar peserta didik dalam pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen jenis nonequivalent control group. Bentuk pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling, kelas X - 2 dengan jumlah peserta didik sebanyak 40 sebagai kelas eksperimen dan X - 8 dengan jumlah peserta didik sebanyak 37 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis Mann Whitney bahwa metode permainan detektif berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2 – tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa metode permainan detektif di kelas X – 2 berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik. Penelitian ini juga menggunakan uji N – Gain untuk mengetahui tingkat keefektifan minat belajar dengan menggunakan metode permainan detektif. Penelitian ini juga memberikan hasil dalam N – Gain Score yaitu 0, 57 dengan kesimpulan bahwa metode permainan detektif cukup efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah.
Kata Kunci: Metode Detektif, Minat Belajar, Pembelajaran Sejarah
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 08:07 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 08:07 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/435 | 
