Rahmi, Shinta Nuria (2025) PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XII IPS MAN 1 KOTA TASIKMALAYA. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (34kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (71kB)
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Download (60kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (246kB)
5. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (87kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (14kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (86kB)
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (11kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (121kB)
10. BAB 1.pdf
Download (112kB)
11. BAB 2.pdf
Download (135kB)
12. BAB 3.pdf
Download (528kB)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (151kB)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (99kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua terhadap minat belajar sejarah peserta didik kelas XII IPS MAN 1 Kota Tasikmalaya. Dukungan orang tua memainkan peran penting dalam perkembangan akademik siswa, baik secara emosional maupun intelektual, serta dapat menumbuhkan minat terhadap pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 364 orang dan sampel terdiri dari 62 orang ditentukan dengan rumus Slovin, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner tertutup yang disebarkan secara daring, mengukur persepsi siswa terhadap dukungan orang tua dan minat belajar mereka. Uji validitas instrumen mencakup validitas isi dan validitas konstruk, yang hasilnya menunjukkan instrumen valid dan reliabel. Uji normalitas dan linearitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan memiliki hubungan linear. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa dukungan orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar sejarah dengan nilai R² sebesar 0,886 dan nilai signifikansi 0,000. Ditemukan pula hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dengan minat belajar sejarah peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi dukungan yang diberikan orang tua, semakin tinggi pula minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi dunia pendidikan, terutama dalam meningkatkan kesadaran orang tua untuk lebih aktif terlibat dalam proses belajar anak.
Kata Kunci : Dukungan Orang Tua, Minat Belajar, Sejarah
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 07:57 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 07:57 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/431 | 
