PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI DETIK-DETIK PROKLAMASI KEMERDEKAAN KELAS XI IPS 1 SMAN 1 SINDANGKASIH

NANDA, RADELLA AALYAH (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI DETIK-DETIK PROKLAMASI KEMERDEKAAN KELAS XI IPS 1 SMAN 1 SINDANGKASIH. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 5. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 10. BAB 1.pdf] Text
10. BAB 1.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 11. BAB 2.pdf] Text
11. BAB 2.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 12. BAB 3.pdf] Text
12. BAB 3.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 13. BAB 4.pdf] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[thumbnail of 14. BAB 5.pdf] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 17. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Role Playing terhadap kreativitas peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS 1 SMAN 1 Sindangkasih. Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kreativitas peserta didik. Adapun penyebab kurangnya kreativitas dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif dan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Pre-Eksperimen. Desain yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest only control group design. Desain ini adalah jenis desain penelitian eksperimen yang menggunakan dua kelompok (kelompok eksperimen dan kelompok kontrol) untuk menguji pengaruh suatu intervensi atau perlakuan. Populasi pada penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Sindangkasih. Sampel pada penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa angket kuisioner. Sebelum dilakukan penelitian diadakan uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kreativitas peserta didik pada kelompok eksperimen setelah penerapan metode role playing, dengan nilai signifikansi sebesar 0,047 (p < 0,05). Sebaliknya, kelompok kontrol menunjukkan penurunan kreativitas dengan nilai signifikansi 0,054 (> 0,05), yang menunjukkan bahwa metode konvensional kurang efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran role playing memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kreativitas peserta didik dalam pembelajaran sejarah.

Kata Kunci: Metode, Role Playing, Kreativitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 29 Oct 2025 07:39
Last Modified: 29 Oct 2025 07:39
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/428

Actions (login required)

View Item
View Item