NANDA, RADELLA AALYAH (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI DETIK-DETIK PROKLAMASI KEMERDEKAAN KELAS XI IPS 1 SMAN 1 SINDANGKASIH. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (182kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (88kB)
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Download (73kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (254kB)
5. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (228kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (249kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (173kB)
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (160kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (215kB)
10. BAB 1.pdf
Download (251kB)
11. BAB 2.pdf
Download (251kB)
12. BAB 3.pdf
Download (264kB)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (346kB)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (215kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (200kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (94kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Role Playing terhadap kreativitas peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS 1 SMAN 1 Sindangkasih. Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kreativitas peserta didik. Adapun penyebab kurangnya kreativitas dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif dan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Pre-Eksperimen. Desain yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest only control group design. Desain ini adalah jenis desain penelitian eksperimen yang menggunakan dua kelompok (kelompok eksperimen dan kelompok kontrol) untuk menguji pengaruh suatu intervensi atau perlakuan. Populasi pada penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Sindangkasih. Sampel pada penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa angket kuisioner. Sebelum dilakukan penelitian diadakan uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kreativitas peserta didik pada kelompok eksperimen setelah penerapan metode role playing, dengan nilai signifikansi sebesar 0,047 (p < 0,05). Sebaliknya, kelompok kontrol menunjukkan penurunan kreativitas dengan nilai signifikansi 0,054 (> 0,05), yang menunjukkan bahwa metode konvensional kurang efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran role playing memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kreativitas peserta didik dalam pembelajaran sejarah.
Kata Kunci: Metode, Role Playing, Kreativitas
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 07:39 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 07:39 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/428 | 
