PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANCIENT DOMINO TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS X.1 MA AL-FADLLIYAH TAHUN AJARAN 2024-2025

ANWAR, RIFQI RIANDI (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANCIENT DOMINO TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS X.1 MA AL-FADLLIYAH TAHUN AJARAN 2024-2025. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 5. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
9. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 10. BAB I.pdf] Text
10. BAB I.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 11. BAB II.pdf] Text
11. BAB II.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of 12. BAB III.pdf] Text
12. BAB III.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 13. BAB IV.pdf] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[thumbnail of 14. BAB V.pdf] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Ancient Domino Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah Indonesia di Kelas X.1 MA Al-Fadlliyah Tahun Ajaran 2024-2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi yang diambil dalam penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas X MA Al-Fadlliyah yang berjumlah 50 orang dengan sampel X.1 yang terdiri dari 23 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan instrumen penelitian berupa lembar angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 22 for windows yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh media pembelajaran Ancient Domino terhadap keaktifan belajar peserta didik pada proses pembelajaran sejarah Indonesia kelas X.1 MA Al-Fadlliyah tahun ajaran 2024-2025. Hasil uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan media pembelajaran Ancient Domino terhadap keaktifan belajar peserta didik. Selain itu, perhitungan N-Gain menunjukkan rata-rata 0,3449 yang termasuk kategori sedang, menandakan adanya peningkatan keaktifan belajar setelah penggunaan media tersebut.

Kata Kunci: Ancient Domino, Keaktifan Belajar, Pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 29 Oct 2025 07:14
Last Modified: 29 Oct 2025 07:14
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/420

Actions (login required)

View Item
View Item