ANWAR, RIFQI RIANDI (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANCIENT DOMINO TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS X.1 MA AL-FADLLIYAH TAHUN AJARAN 2024-2025. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (225kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (90kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (92kB)
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf
Download (97kB)
5. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (260kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (293kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (210kB)
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (228kB)
9. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (311kB)
10. BAB I.pdf
Download (281kB)
11. BAB II.pdf
Download (462kB)
12. BAB III.pdf
Download (429kB)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (318kB)
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (212kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (302kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Ancient Domino Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah Indonesia di Kelas X.1 MA Al-Fadlliyah Tahun Ajaran 2024-2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi yang diambil dalam penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas X MA Al-Fadlliyah yang berjumlah 50 orang dengan sampel X.1 yang terdiri dari 23 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan instrumen penelitian berupa lembar angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 22 for windows yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh media pembelajaran Ancient Domino terhadap keaktifan belajar peserta didik pada proses pembelajaran sejarah Indonesia kelas X.1 MA Al-Fadlliyah tahun ajaran 2024-2025. Hasil uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan media pembelajaran Ancient Domino terhadap keaktifan belajar peserta didik. Selain itu, perhitungan N-Gain menunjukkan rata-rata 0,3449 yang termasuk kategori sedang, menandakan adanya peningkatan keaktifan belajar setelah penggunaan media tersebut.
Kata Kunci: Ancient Domino, Keaktifan Belajar, Pembelajaran Sejarah.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 07:14 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 07:14 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/420 | 
