PEBRIANI, SHELIA IRVANA (2025) PEMANFAATAN MONUMEN KELAHIRAN DIVISI SILIWANGI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI KELAS XI-A MA PERSIS 80 AL- AMIN SINDANGKASIH CIAMIS. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1.COVER.pdf
Download (124kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (86kB)
3. PENGUJI.pdf
Download (75kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (63kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (236kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (135kB)
7. UCAPAN MAKASIH.pdf
Download (219kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (177kB)
9. BAB I.pdf
Download (257kB)
10. BAB II.pdf
Download (263kB)
11. BAB III.pdf
Download (259kB)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (334kB)
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (222kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (211kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (651kB)
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (176kB)
Abstract
Penelitian ini berusaha melakukan penyelidikan mengenai Pemanfaatan Monumen Kelahiran Divisi Siliwangi sebagai Sumber Belajar Sejarah di Kelas XI-A MA Persis 80 Al – Amin Sindangkasih Ciamis yang dilatar belakangi oleh berdirinya monumen ini yang memiliki bentuk dan simbol perjuangan Indonesia sesuai dengan materi di kelas XI karena sejarah Divisi Siliwangi cukup kental dengan konsep perjuangan bangsa Indonesia, serta keberadaan monumen ini strategis sehingga memiliki akses yang mudah untuk dikunjungi. Oleh karena itu penulis akan melakukan penelitian Monumen Kelahiran Divisi Siliwangi yang dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah dan relevansinya terhadap Kurikulum Merdeka. Penelitian ini berfokus pada (1) Latar belakang didirikan Monumen Kelahiran Divisi Siliwangi (2) Nilai-nilai edukasi yang terkandung pada Monumen Kelahiran Divisi Siliwangi (3) Pemanfaatan Monumen Kelahiran Divisi Siliwangi sebagai Sumber Belajar Sejarah di MA Persis 80 Al – Amin Sindangkasih Ciamis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif naratif (narrative research) yang menyajikan data berbentuk narasi deskriptif yang diperoleh dari hasil penelitian yang alami sesuai dengan data yang dihasilkan di lapangan yang di analis secara induktif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pendukung visualisasi dari hasil penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdirinya Monumen kelahiran Divisi Siliwangi di Tasikmalaya dilatarbelakangi oleh adanya rapat pembentukan Divisi Siliwangi oleh para petinggi TNI sebagai strategi dalam melawan Belanda pada Agresi Militer I. Pemanfaatan monumen ini sebagai sumber belajar sejarah dapat dilakukan dengan desain pembelajaran yang dirancang dalam model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dan metode belajar Ekskursi sehingga relevan dengan Capaian Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka.
Kata Kunci: Monumen Divisi Siliwangi, Sumber Belajar Sejarah, Pembelajaran Sejarah
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 07:03 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 07:03 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/418 | 
