SANIAH, ELMI YULIANI (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN HISTORY DETECTIVE GAME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPAS 3 SMAN 1 BANTARKALONG. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (60kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (926kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (893kB)
4. LEMBAR PRIBADI.pdf
Download (49kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (96kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (554kB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (29kB)
8. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (45kB)
9. BAB 1.pdf
Download (112kB)
10. BAB 2.pdf
Download (288kB)
11. BAB 3.pdf
Download (216kB)
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (170kB)
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (31kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (40kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (40kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik di SMAN 1 Bantarkalong. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran History Detective Game. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran History Detective Game terhadap motivasi belajar siswa di kelas XI IPAS 3 SMAN 1 Bantarkalong. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group pre-test post-test yang melibatkan peserta didik dari kelas XI IPAS 2 dan 3 Bantarkalong. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPAS SMAN 1 Bantarkalong. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probabilitas dengan jenis purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPAS 2 dan kelas XI IPAS 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penyebaran angket. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, uji Independent Simple T-test dan uji N-Gain. Hasil analisis data uji Independent Simple T-test diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,026 < 0,05 menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan Uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,53 menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar peserta didik termasuk dalam kategori sedang. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa penggunaan media pembelajaran History Detective Game dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan rendahnya motivasi belajar peserta didik di kelas XI IPAS 3 SMAN 1 Bantarkalong pada pembelajaran sejarah.
Kata Kunci: History Detective Game, Pembelajaran sejarah, Motivasi Belajar.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 04:31 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 04:31 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/400 | 
