PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN HISTORY DETECTIVE GAME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPAS 3 SMAN 1 BANTARKALONG

SANIAH, ELMI YULIANI (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN HISTORY DETECTIVE GAME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPAS 3 SMAN 1 BANTARKALONG. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (926kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (893kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PRIBADI.pdf] Text
4. LEMBAR PRIBADI.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 9. BAB 1.pdf] Text
9. BAB 1.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 10. BAB 2.pdf] Text
10. BAB 2.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 11. BAB 3.pdf] Text
11. BAB 3.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 12. BAB 4.pdf] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[thumbnail of 13. BAB 5.pdf] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik di SMAN 1 Bantarkalong. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran History Detective Game. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran History Detective Game terhadap motivasi belajar siswa di kelas XI IPAS 3 SMAN 1 Bantarkalong. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group pre-test post-test yang melibatkan peserta didik dari kelas XI IPAS 2 dan 3 Bantarkalong. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPAS SMAN 1 Bantarkalong. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probabilitas dengan jenis purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPAS 2 dan kelas XI IPAS 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penyebaran angket. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, uji Independent Simple T-test dan uji N-Gain. Hasil analisis data uji Independent Simple T-test diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,026 < 0,05 menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan Uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,53 menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar peserta didik termasuk dalam kategori sedang. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa penggunaan media pembelajaran History Detective Game dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan rendahnya motivasi belajar peserta didik di kelas XI IPAS 3 SMAN 1 Bantarkalong pada pembelajaran sejarah.

Kata Kunci: History Detective Game, Pembelajaran sejarah, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 29 Oct 2025 04:31
Last Modified: 29 Oct 2025 04:31
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/400

Actions (login required)

View Item
View Item