MARHAMAH, HESTI HAMIDAH (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FORMULATE SHARE LISTEN CREATE (FSLC) BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GERAK LURUS. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (5MB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (276kB)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (5MB)
4 HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (5MB)
5 ABSTRAK.pdf
Download (5MB)
6 KATA PENGANTAR.pdf
Download (5MB)
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (5MB)
8 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (5MB)
9 BAB 1.pdf
Download (5MB)
10 BAB 2.pdf
Download (6MB)
11 BAB 3.pdf
Download (5MB)
12 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (5MB)
15 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
16 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berpikir kritis siswa SMAN 13
Garut yang sangat rendah dari 36 siswa diperoleh persentase sebesar 42,6%. Salah
satu faktor yang memengaruhi yaitu model pembelajaran fisika yang masih
berpusat pada guru sehingga kurang mampu mengembangkan keterampilan
berpikir kritis siswa. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan
menggunakan model pembelajaran Formulate Share Listen Create (FSLC)
berbantuan Wordwall. Wordwall digunakan untuk menambah variasi media
pembelajaran dan memotivasi siswa selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran FSLC berbantuan
wordwall terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang
digunakan yaitu quasi experiment dan desain penelitian posttest only design.
Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh kelas XI kelompok mata Pelajaran MIPA
SMAN 13 Garut. Teknik sampling yang digunakan ialah cluster random sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Tes yang dilakukan berupa posttest
dengan soal yang diberikan berbentuk uraian sebanyak 9 soal berdasarkan indikator
keterampilan berpikir kritis menurut Ennis. Setelah melakukan uji hipotesis
menggunakan uji t pada taraf signifikansi (� = 0,05) membuktikan bahwa setelah
diterapkan model pembelajaran FSLC berbantuan wordwall �ℎ����� >
�(0,95,70) maka �0 ditolak �� diterima. Artinya pada taraf kepercayaan 95% ada
pengaruh model pembelajaran Formulate Share Listen Create (FSLC) berbantuan
wordwall terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gerak lurus di
kelas XI SMAN 13 Garut Tahun Ajaran 2024/2025. Hal ini dikarenakan model
pembelajaran FSLC berbantuan wordwall membantu siswa terlibat aktif dalam
memperoleh data, fakta dan pemahaman selama pembelajaran karena adanya
diskusi yang melibatkan pertukaran ide.
Kata kunci: FSLC, Gerak Lurus, Keterampilan Berpikir Kritis, Wordwall.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 04:29 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 04:29 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/399 |
