PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FORMULATE SHARE LISTEN CREATE (FSLC) BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GERAK LURUS

MARHAMAH, HESTI HAMIDAH (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FORMULATE SHARE LISTEN CREATE (FSLC) BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GERAK LURUS. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4 HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
4 HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 5 ABSTRAK.pdf] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 6 KATA PENGANTAR.pdf] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 8 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf] Text
8 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 9 BAB 1.pdf] Text
9 BAB 1.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 10 BAB 2.pdf] Text
10 BAB 2.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 11 BAB 3.pdf] Text
11 BAB 3.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 12 BAB 4.pdf] Text
12 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 13 BAB 5.pdf] Text
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 14 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 15 LAMPIRAN.pdf] Text
15 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 16 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
16 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berpikir kritis siswa SMAN 13
Garut yang sangat rendah dari 36 siswa diperoleh persentase sebesar 42,6%. Salah
satu faktor yang memengaruhi yaitu model pembelajaran fisika yang masih
berpusat pada guru sehingga kurang mampu mengembangkan keterampilan
berpikir kritis siswa. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan
menggunakan model pembelajaran Formulate Share Listen Create (FSLC)
berbantuan Wordwall. Wordwall digunakan untuk menambah variasi media
pembelajaran dan memotivasi siswa selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran FSLC berbantuan
wordwall terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang
digunakan yaitu quasi experiment dan desain penelitian posttest only design.
Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh kelas XI kelompok mata Pelajaran MIPA
SMAN 13 Garut. Teknik sampling yang digunakan ialah cluster random sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Tes yang dilakukan berupa posttest
dengan soal yang diberikan berbentuk uraian sebanyak 9 soal berdasarkan indikator
keterampilan berpikir kritis menurut Ennis. Setelah melakukan uji hipotesis
menggunakan uji t pada taraf signifikansi (� = 0,05) membuktikan bahwa setelah
diterapkan model pembelajaran FSLC berbantuan wordwall �ℎ����� >
�(0,95,70) maka �0 ditolak �� diterima. Artinya pada taraf kepercayaan 95% ada
pengaruh model pembelajaran Formulate Share Listen Create (FSLC) berbantuan
wordwall terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gerak lurus di
kelas XI SMAN 13 Garut Tahun Ajaran 2024/2025. Hal ini dikarenakan model
pembelajaran FSLC berbantuan wordwall membantu siswa terlibat aktif dalam
memperoleh data, fakta dan pemahaman selama pembelajaran karena adanya
diskusi yang melibatkan pertukaran ide.
Kata kunci: FSLC, Gerak Lurus, Keterampilan Berpikir Kritis, Wordwall.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 29 Oct 2025 04:29
Last Modified: 29 Oct 2025 04:29
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item
View Item