Damayanti, Tanty Nurfitria (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBASIS OUTDOOR STUDY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Japara Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (4MB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (4MB)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (4MB)
4 ABSTRAK.pdf
Download (4MB)
5 KATA PENGANTAR.pdf
Download (4MB)
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (4MB)
7 BAB 1.pdf
Download (4MB)
8 BAB 2.pdf
Download (4MB)
9 BAB 3.pdf
Download (4MB)
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (4MB)
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Aspek penting yang menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran adalah model 
pembelajaran permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini mengenai rendahnya 
kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis puisi dan model pembelajaran. Dengan 
menawarkan model pembelajaran Role Playing berbasis Otdoor Study dalam pembelajaran 
menulis puisi diyakini dapat menjadi solusi agar peserta didik berperan aktif dan inovatif falam 
kegiatan pembelajaran. 
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran role playing 
berbasis outdoor study dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas VIII SMP 
Negeri 1 Japara Kabupaten Kuningan tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan adalah 
metode penelitian kuantitatif dengan desain yaitu eksperimen semu. Populasi dalam penelitian 
yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Japara Kabupaten Kuningan berjumlah 
185 peserta didik. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII D dan VIII C yang berjumlah 60 
peserta didik. Teknik   pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik analisis data 
menggunakan bantuan program SPSS 26.0 for window.  
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 62,5 
dan nilai rata-rata post-test adalah 80,8, terjadi peningkatan nilai pre-test ke nilai post-test. 
Signifikansi pre-test dan post-test kelas eksperimen sebesar 0,000. Artinya 0,000 < 0,05 dapat 
disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran role playing berbasis outdoor study 
berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pembelajaran menulis puisi. Hasil tingkat 
efektivitas penggunaan model pembelajaran role playing berbasis outdoor study untuk 
pembelajaran menulis puisi dapat dipastikan sebesar 56,20% termasuk dalam kategori cukup 
efektif. Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran role playing berbasis outdoor study 
dapat berkontribusi sebagai model pembelajaran yang sudah dimodifikasi untuk meningkatkan 
kemampuan peserta didik dalam membuat karya puisi. Hasil penelitian ini dapat digunakan 
untuk mengembangkan materi dan strategi pembelajaran yang lebih efektif yang 
memanfaatkan potensi lingkungan luar kelas untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta 
didik.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia | 
| Depositing User: | irma sri katon | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 04:23 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 04:23 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/397 | 
