Damayanti, Tanty Nurfitria (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBASIS OUTDOOR STUDY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Japara Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (4MB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (4MB)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (4MB)
4 ABSTRAK.pdf
Download (4MB)
5 KATA PENGANTAR.pdf
Download (4MB)
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (4MB)
7 BAB 1.pdf
Download (4MB)
8 BAB 2.pdf
Download (4MB)
9 BAB 3.pdf
Download (4MB)
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (4MB)
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Aspek penting yang menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran adalah model
pembelajaran permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini mengenai rendahnya
kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis puisi dan model pembelajaran. Dengan
menawarkan model pembelajaran Role Playing berbasis Otdoor Study dalam pembelajaran
menulis puisi diyakini dapat menjadi solusi agar peserta didik berperan aktif dan inovatif falam
kegiatan pembelajaran.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran role playing
berbasis outdoor study dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas VIII SMP
Negeri 1 Japara Kabupaten Kuningan tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan adalah
metode penelitian kuantitatif dengan desain yaitu eksperimen semu. Populasi dalam penelitian
yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Japara Kabupaten Kuningan berjumlah
185 peserta didik. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII D dan VIII C yang berjumlah 60
peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik analisis data
menggunakan bantuan program SPSS 26.0 for window.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 62,5
dan nilai rata-rata post-test adalah 80,8, terjadi peningkatan nilai pre-test ke nilai post-test.
Signifikansi pre-test dan post-test kelas eksperimen sebesar 0,000. Artinya 0,000 < 0,05 dapat
disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran role playing berbasis outdoor study
berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pembelajaran menulis puisi. Hasil tingkat
efektivitas penggunaan model pembelajaran role playing berbasis outdoor study untuk
pembelajaran menulis puisi dapat dipastikan sebesar 56,20% termasuk dalam kategori cukup
efektif. Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran role playing berbasis outdoor study
dapat berkontribusi sebagai model pembelajaran yang sudah dimodifikasi untuk meningkatkan
kemampuan peserta didik dalam membuat karya puisi. Hasil penelitian ini dapat digunakan
untuk mengembangkan materi dan strategi pembelajaran yang lebih efektif yang
memanfaatkan potensi lingkungan luar kelas untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta
didik.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 04:23 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 04:23 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/397 |
