PRATIWI, ARSYRAHMA EKA (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi pada PKBM Gema Kec.Tawang Kota Tasikmalaya ). Other thesis, Universitas Siliwangi.
01. COVER.pdf
Download (25kB)
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (124kB)
03. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (120kB)
04. LEMBAR PERNYATAN.pdf
Download (117kB)
05. MOTO DAN PERSEMBAHAN.pdf
Download (50kB)
06. ABSTRAK.pdf
Download (48kB)
07. KATA PENGANTAR.pdf
Download (43kB)
08. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (59kB)
09. DAFTAR ISI.pdf
Download (13kB)
10. DAFTAR TABEL.pdf
Download (20kB)
11. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (4kB)
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (5kB)
13. BAB I.pdf
Download (145kB)
14. BAB II.pdf
Download (200kB)
15. BAB III.pdf
Download (131kB)
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (151kB)
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9kB)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (68kB)
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
20. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (59kB)
Abstract
Terdapat problematika pelaksanaan pembelajaran yang menyebabkan pembelajaran 
monoton serta efektivitas pengembangan karakter sedikit berkembang diharapkan 
dengan kurikulum merdeka dapat mengembangkan minat, potensi, serta karakter 
peserta didik. Penelitian terkait kurikulum merdeka terhadap pengembangan karakter 
peserta didik bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka dalam 
karakter peserta didik. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan 
kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. 
Subjek penelitian ini yaitu ketua, sekretaris, tutor, dan peserta didik. Hasil penelitian 
ini dapat diketahui bahwa dalam pengembangan karakter peserta didik dilaksanakan 
melalui kegiatan pembelajaran yang disesuaikan dengan suasana belajar kurikulum 
merdeka. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut melalui bentuk kerja projek yaitu 
kegiatan yang mendorong peserta didik untuk membuat sesuatu hal secara 
berkelompok berdasarkan ide yang dikembangkan peserta didik, selanjutnya terdapat 
akses melalui pengembangan critical thinking peserta didik dapat tanggap dan peka 
dalam menganalisa terkait isu sosial, terbentuknya kepedulian terhadap lingkungan 
sekitar dan sesama teman lainya, adanya pemecahan masalah melalui pengembangan 
karakter yang disesuaikan dengan kemampuan tutor, disertasi dengan potensi, juga 
kompetensi, dan pemberdayaan, serta pelatihan. Pengembangan karakter yang 
dilakukan disesuaikan dengan nilai-nilai profil pelajar pancasila. Simpulan penelitian 
ini yakni implementasi kurikulum merdeka dalam pengembangan karakter peserta 
didik dapat mengembangkan karakter peserta didik mejadi lebih berkembang dengan 
kegiatan projek serta pengembangan karakter yang sesuai dengan dimensi profil 
pelajar pancasila. 
Kata Kunci : kurikulum merdeka, pengembangan karakter, PKBM Gema
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat | 
| Depositing User: | irma sri katon | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 04:02 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 04:02 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/389 | 
