MAULANA, MUHAMMAD RIZQI (2024) PORTRAYING THE EFFECTIVENESS OF MICRO-TEACHING IN SUPPORTING STUDENT TEACHERS’ CLASSROOM MANAGEMENT SKILLS: THE STUDENT TEACHERS’ PERCEPTIONS. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (473kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (626kB)
3. APPROVAL SHEET 2.pdf
Download (468kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (518kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (423kB)
6. PREFACE.pdf
Download (200kB)
7. ACKNOWLEDGEMENT.pdf
Download (321kB)
8. TABLE OF CONTENT.pdf
Download (697kB)
9. CHAPTER I.pdf
Download (379kB)
10. CHAPTER II.pdf
Download (363kB)
11. CHAPTER III.pdf
Download (342kB)
12. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (592kB)
13. CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (319kB)
14. REFERENCES.pdf
Download (436kB)
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (915kB)
Abstract
Salah satu keterampilan inti dalam mengajar yang perlu dimiliki oleh seorang
siswa guru adalah keterampilan pengelolaan kelas. Berkaitan dengan hal tersebut,
micro-teaching menawarkan kesempatan bagi siswa guru untuk mengasah
kemampuan pengelolaan kelas mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menggambarkan persepsi siswa guru terhadap efektifitas mata kuliah micro
teaching dalam mendukung kemampuan pengelolaan kelas mereka. Peneliti
menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif sebagai desain penelitian.
Dengan menggunakan teknik pengambilan data convenience sampling, terdapat
103 mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris dari angkatan 2020 yang telah
mengikuti program praktik lapangan yang dilibatkan sebagai partisipan dalam
penelitian ini. Data dikumpulkan dalam bentuk kuisioner dan dianalisis
menggunakan analisis deskriptif statistik. Berdasarkan hasil penelitian, para siswa
guru memberikan persepsi positif terhadap efektifitas micro-teaching dalam
membantu kemampuan pengelolaan kelas mereka. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa skor rata-rata yang dihasilkan dari kuesioner adalah 3.24 yang
dikategorikan sebagai level tinggi persetujuan berdasarkan skala interval. Mereka
setuju bahwa pengajaran mikro membantu mereka dalam menangani siswa di kelas
mulai dari mengatur desain fisik kelas, menetapkan aturan dan rutinitas,
mengembangkan hubungan yang penuh perhatian, menerapkan pengajaran yang
menarik dan efektif, dan juga menangani masalah disiplin. Oleh karena itu,
peningkatan dan pengembangan kualitas mata kuliah micro-teaching perlu
dilakukan untuk mempersiapkan dan membentuk guru-guru yang kompeten dan
professional di masa depan.
Kata Kunci: Pembelajaran Mikro, Kemampuan Pengelolaan Kelas, Persepsi Siswa
Guru.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:53 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:53 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/388 |
