Ningrum, Deti Puspita (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA LUMIO TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas XI SMAN 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (236kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (583kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (342kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (405kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (211kB)
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf
Download (248kB)
7. BAB 1.pdf
Download (407kB)
8. BAB 2.pdf
Download (801kB)
9. BAB 3.pdf
Download (1MB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (630kB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (207kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (459kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Perkembangan teknologi mengharuskan peserta didik dapat menggunakan
teknologi dalam pembelajaran. Keterampilan komunikasi interpersonal sering kali
dilupakan karena tidak berhubungan dengan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learing berbantuan
media lumio terhadap keterampilan komunikasi interpersonal dan motivasi belajar
peserta didik pada pembelajaran biologi di kelas XI peminatan biologi SMAN 8
Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025) Penelitian ini dilaksanakan pada bulan
Agustus 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi ekperimen.
Populasi yang digunakan pada penelitian ini terdapat 4 kelas peminatan biologi
dengan jumlah 149 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling
yaitu kelas XI.10 sebagai kelas eksperimen dan XI.11 sebagai kelas kontrol.
Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah non tes berupa angket
komunikasi interpersonal berjumlah 33 pernyataan dan motivasi belajar berjumlah
36 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji ANOVA satu arah.
Hasil penelitian menujukkan signifikan <0,05 yang berarti ada pengaruh
penggunaan model discovery learning berbantuan media Lumio terhadap motivasi
belajar dan keterampilan komunikasi interpersonal. Kesimpulan dari hasil uji
terdapat pengaruh karena penggunaan media Lumio. Penggunaan model
pembelajaran discovery learning berbantuan Lumio baik digunakan saat proses
pembelajaran. Siswa tampak termotivasi ketika pembelajaran menggunakan
media Lumio dan terjadi komunikasi internal secara intensif pada pengerjaan
LKPD bersama kelompok.
Kata Kunci : Keterampilan Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar, Model
Pembelajaran, Discovery Learning, Media Lumio
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:37 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:37 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/382 |
