NURFADILAH, ELGA (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ICARE BERBANTUAN PRAKTIKUM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI MA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (8kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (99kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (96kB)
4. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (133kB)
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (90kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (173kB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (135kB)
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (134kB)
9. BAB 1.pdf
Download (120kB)
10. BAB 2.pdf
Download (340kB)
11. BAB 3.pdf
Download (309kB)
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (379kB)
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (105kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8kB)
Abstract
Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya penerapan profil pelajar pancasila dan pengembangan keterampilan berpikir kreatif peserta didik sebagai bagian dari upaya mencetak generasi yang berkarakter dan adaptif. Profil pelajar Pancasila memiliki enam dimensi salah satunya yaitu kreatif. Keterampilan berpikir kreatif tidak hanya menjadi elemen penting dalam mendukung nilai-nilai Pancasila, tetapi juga merupakan tuntutan dalam menghadapi perkembangan abad ke-21 dan revolusi industri 4.0. Proposal penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berpikir kreatif pada materi gelombang cahaya yang masih rendah dikarenakan masih menerapkan metode ceramah. Salah satu langkah yang diambil oleh peneliti untuk menyelesaikan masalah ini yaitu dengan menerapkan model ICARE berbantuan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan keterampilan berpikir kreatif setelah mengimplementasikan model ICARE berbantuan praktikum. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi terdiri dari 155 peserta didik kelas XI Saintek MAN 1 Tasikmalaya, dan dua kelas dipilih sebagai sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen berupa pretest dan posttest dengan 4 soal uraian mencakup seluruh indikator keterampilan berpikir kreatif. Hasil uji hipotesis menunjukkan �′ℎ����� > ������ yakni 69,12 > 1,67 yang menunjukkan bahwa model ICARE berbantuan praktikum efektif meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi gelombang cahaya.
Kata kunci: model ICARE, keterampilan berpikir kreatif, praktikum, gelombang cahaya
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:37 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:37 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/381 | 
