EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Qolbiah, Syifa Baidotul (2024) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR - DAFTAR.pdf] Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 7. BAB 1.pdf] Text
7. BAB 1.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 8. BAB 2.pdf] Text
8. BAB 2.pdf

Download (507kB)
[thumbnail of 9. BAB 3.pdf] Text
9. BAB 3.pdf

Download (707kB)
[thumbnail of 10. BAB 4.pdf] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[thumbnail of 11. BAB 5.pdf] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 13. LAMPIRAN.pdf] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model project based
learning (PjBL) berbantuan video animasi terhadap komunikasi interpersonal dan
berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada November 2023
sampai Agustus 2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre
experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMAN 8 Tasikmalaya
sebanyak 4 kelas peminatan biologi dengan jumlah peserta didik sebanyak 149
orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling
sehingga kelas yang disajikan yaitu kelas XI - 2 sebanyak 36 peserta didik sebagai
kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket
sebanyak 25 pernyataan komunikasi interpersonal dan tes figural (TTCT-F)
berpikir kreatif sebanyak 1 soal yang mencakup 8 gambar. Teknik analisis data
yang digunakan adalah Uji T Dependen dengan taraf signifikansi α = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai
signifikansi komunikasi interpersonal dan berpikir kreatif kurang dari 0,05 yaitu
sebesar 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa model project based learning
(PjBL) berbantuan video animasi efektif terhadap komunikasi interpersonal dan
berpikir kreatif dengan hasil produk peserta didik berupa video animasi pada
pembelajaran biologi.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Project Based Learning, Komunikasi
Interpersonal, Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 29 Oct 2025 03:31
Last Modified: 29 Oct 2025 03:31
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item
View Item