Qolbiah, Syifa Baidotul (2024) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (77kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (131kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (78kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (279kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (127kB)
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf
Download (108kB)
7. BAB 1.pdf
Download (155kB)
8. BAB 2.pdf
Download (507kB)
9. BAB 3.pdf
Download (707kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (560kB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (55kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (198kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model project based
learning (PjBL) berbantuan video animasi terhadap komunikasi interpersonal dan
berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada November 2023
sampai Agustus 2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre
experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMAN 8 Tasikmalaya
sebanyak 4 kelas peminatan biologi dengan jumlah peserta didik sebanyak 149
orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling
sehingga kelas yang disajikan yaitu kelas XI - 2 sebanyak 36 peserta didik sebagai
kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket
sebanyak 25 pernyataan komunikasi interpersonal dan tes figural (TTCT-F)
berpikir kreatif sebanyak 1 soal yang mencakup 8 gambar. Teknik analisis data
yang digunakan adalah Uji T Dependen dengan taraf signifikansi α = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai
signifikansi komunikasi interpersonal dan berpikir kreatif kurang dari 0,05 yaitu
sebesar 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa model project based learning
(PjBL) berbantuan video animasi efektif terhadap komunikasi interpersonal dan
berpikir kreatif dengan hasil produk peserta didik berupa video animasi pada
pembelajaran biologi.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Project Based Learning, Komunikasi
Interpersonal, Berpikir Kreatif
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:31 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:31 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/379 |
