PENGARUH MODEL MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW (MURDER) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI Saintek MA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

MAHARANI, DIVA REGITA (2025) PENGARUH MODEL MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW (MURDER) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI Saintek MA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 9. BAB 1.pdf] Text
9. BAB 1.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 10. BAB 2.pdf] Text
10. BAB 2.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 11. BAB 3.pdf] Text
11. BAB 3.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 12. BAB 4.pdf] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[thumbnail of 13. BAB 5.pdf] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 16. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya melatihkan keterampilan pemecahan masalah pada peserta didik sesuai tuntutan kurikulum merdeka, pembelajaran abad ke-21, dan revolusi industri 4.0. Berdasarkan studi pendahuluan di MA Negeri 1 Tasikmalaya diketahui bahwa masih kurangnya keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang bunyi dikarenakan masih menerapkan metode ceramah sehingga peserta didik kurang aktif. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model MURDER terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang bunyi dengan praktikum secara langsung. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian the matching-only posttest-only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di MA Negeri 1 Tasikmalaya dengan populasi sebanyak 155 peserta didik yang termuat dalam 5 kelas XI Saintek. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI Saintek 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Saintek 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah peserta didik yaitu posttest setelah diberi perlakuan berupa soal essay. Soal berjumlah sebanyak 6 butir dengan setiap soal mencakup 5 indikator keterampilan pemecahan masalah. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa �ℎ����� > ������ yakni 15,13 > 1,67 yang berarti bahwa �0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran MURDER berpengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah pada materi gelombang bunyi.

Kata kunci: gelombang bunyi, keterampilan pemecahan masalah, MURDER.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 29 Oct 2025 03:28
Last Modified: 29 Oct 2025 03:28
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/377

Actions (login required)

View Item
View Item