PENGARUH MODEL ADAPTING, SEARCHING, INTERPRETING, CREATING, COMMUNICATING BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

TIFANNY, FIRDHA (2025) PENGARUH MODEL ADAPTING, SEARCHING, INTERPRETING, CREATING, COMMUNICATING BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 3. PERNYATAAN.pdf] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR - DAFTAR.pdf] Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 7. BAB 1.pdf] Text
7. BAB 1.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 8. BAB 2.pdf] Text
8. BAB 2.pdf

Download (756kB)
[thumbnail of 9. BAB 3.pdf] Text
9. BAB 3.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of 10. BAB 4.pdf] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)
[thumbnail of 11. BAB 5.pdf] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 13. LAMPIRAN.pdf] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi pemanasan global. Salah satu solusi yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model Adapting, Searching, Interpreting, Creating and Communicating (ASICC). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model ASICC berbantuan PhET Simulation terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi Pemanasan Global di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian The Matching Only-Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini, yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ciamis sebanyak 7 kelas. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol, dengan jumlah peserta didik di kedua kelas 36 orang. Keterampilan berpikir kreatif peserta didik diukur menggunakan tes uraian setelah perlakuan (posttest) sebanyak 8 soal. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (α = 0,05) menunjukkan bahwa nilai �ℎ����� > ������, yaitu 2,19 > 1,67 yang berarti, �� diterima dan �0 ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model Adapting, Searching, Interpreting, Creating and Communicating (ASICC) berbantuan PhET Simulation berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi pemanasan global di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ciamis tahun ajaran 2024/2025.

Kata kunci: model Adapting, Searching, Interpreting, Creating and Communicating (ASICC), PhET Simulation, Keterampilan Berpikir Kreatif, Pemanasan Global.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 29 Oct 2025 03:18
Last Modified: 29 Oct 2025 03:18
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item
View Item