TIFANNY, FIRDHA (2025) PENGARUH MODEL ADAPTING, SEARCHING, INTERPRETING, CREATING, COMMUNICATING BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (16kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (120kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (113kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (214kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (235kB)
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf
Download (170kB)
7. BAB 1.pdf
Download (106kB)
8. BAB 2.pdf
Download (756kB)
9. BAB 3.pdf
Download (470kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (990kB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (147kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (153kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi pemanasan global. Salah satu solusi yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model Adapting, Searching, Interpreting, Creating and Communicating (ASICC). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model ASICC berbantuan PhET Simulation terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi Pemanasan Global di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian The Matching Only-Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini, yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ciamis sebanyak 7 kelas. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol, dengan jumlah peserta didik di kedua kelas 36 orang. Keterampilan berpikir kreatif peserta didik diukur menggunakan tes uraian setelah perlakuan (posttest) sebanyak 8 soal. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (α = 0,05) menunjukkan bahwa nilai �ℎ����� > ������, yaitu 2,19 > 1,67 yang berarti, �� diterima dan �0 ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model Adapting, Searching, Interpreting, Creating and Communicating (ASICC) berbantuan PhET Simulation berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi pemanasan global di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ciamis tahun ajaran 2024/2025.
Kata kunci: model Adapting, Searching, Interpreting, Creating and Communicating (ASICC), PhET Simulation, Keterampilan Berpikir Kreatif, Pemanasan Global.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:18 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:18 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/374 |
