PENGARUH EMOTIONAL QUOTIENT DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Ciamis Tahun Pelajaran 2024/2025)

ARDIANTO, RADHIKA MUHAMAD (2025) PENGARUH EMOTIONAL QUOTIENT DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Ciamis Tahun Pelajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01. COVER.pdf] Text
01. COVER.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 03. SURAT PERNYATAAN.pdf] Text
03. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 04. ABSTRAK.pdf] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 05. KATA PENGANTAR.pdf] Text
05. KATA PENGANTAR.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 06. DAFTAR ISI.pdf] Text
06. DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 07. DAFTAR TABEL.pdf] Text
07. DAFTAR TABEL.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 08. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
08. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 09. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
09. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 10. BAB 1.pdf] Text
10. BAB 1.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 11. BAB 2.pdf] Text
11. BAB 2.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 12. BAB 3.pdf] Text
12. BAB 3.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 13. BAB 4.pdf] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[thumbnail of 14. BAB 5.pdf] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh setiap individu. Namun dari hasil pengamatan, masih banyak peserta didik yang memiliki masalah dalam berpikir kritis pada pembelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh emotional quotient dan self-regulated learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian berjumlah 178 peserta didik dengan jumlah sampel sebanyak 123 peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ciamis tahun ajaran 2024/2025, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) emotional quotient berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis; (2) self-regulated learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis; (3) emotional quotient dan self-regulated learning secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dengan perolehan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,672. Artinya, kontribusi dari variabel bebas terhadap keterampilan berpikir kritis adalah 67,2% dan sisanya sebesar 32,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Kata Kunci : Emotional Quotient, Self-Regulated Learning, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 29 Oct 2025 03:14
Last Modified: 29 Oct 2025 03:14
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item
View Item