Tiara, Bagea Maritas (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENYAJIKAN INFORMASI TEKS EKSPLANASI (Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (64kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (147kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (150kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (19kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (88kB)
6. DAFTAR ISI, TABEL, DIAGRAM, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf
Download (151kB)
7. BAB I.pdf
Download (103kB)
8. BAB II.pdf
Download (171kB)
9. BAB III.pdf
Download (251kB)
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (773kB)
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (23kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (84kB)
13. RIWAYAT HIRUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (109kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Dalam Kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai
peserta didik kelas VIII semester I adalah KD 4.10 Menyajikan Informasi Teks
Eksplanasi secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau
aspek lisan. Terdapat permasalahan dalam penerapan model pembelajaran yang kurang
bervariasi sehingga siswa kurang maksimal dalam menerima pembelajaran.
Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan
sebuah model Pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran menyajikan
informasi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Kota
Tasikmalaya. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen sungguhan yang
melibatkan kelas eksperimen dan kontrol. Sampel penelitian ini adalah peserta didik
kelas VIII B berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII
J berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil penelitian
menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan
kelas kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata pre-test dan post-test untuk kelas
eksperimen menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning yaitu kelas
VIII B pada KD 4.10 nilai rata-rata pada pre-test mencapai angka 50,46 dan nilai rata
rata post-test mencapai angka 81,21, sedangkan pada kelas kontrol dengan
menggunakan model pembelajaran langsung yaitu kelas VIII J pada KD 4.10 nilai
rata-rata pre-test mencapai angka 43,95 dan nilai rata-rata post-test mencapai
angka 79,09.
Setelah data dinilai kedua kelompok dihitung secara statistika menggunakan uji
normalitas. Hasil uji menunjukkan kedua data berdistribusi tidak normal. Sehingga data
yang dianalisis dilanjutkan diuji menggunakan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon
menunjukkan bahwa Whitung = 0 < Wtabel = 0,01 (32) 128. Hal ini menunjukkan
bahwa, model Pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap
kemampuan menyajikan informasi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP
Negeri 11 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 01:55 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 01:55 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/37 |
