PENGARUH KONSEP DIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Survei pada Peserta Didik Kelas X Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

REDIAH, HASIATI LAMPITAMA (2025) PENGARUH KONSEP DIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Survei pada Peserta Didik Kelas X Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGUJIAN.pdf] Text
LEMBAR PENGUJIAN.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan faktor kunci dalam efektivitas proses pembelajaran, karena berperan sebagai dorongan internal untuk mencapai tujuan akademik dan meningkatkan minat peserta didik terhadap mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konsep diri, kemandirian belajar, dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar peserta didik, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 430 peserta didik kelas X di SMA Negeri 5 Tasikmalaya, dan sampel diambil menggunakan teknik proportionate random sampling sebanyak 207 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara lain: 1). Dengan nilai signifikansi sebesar 0,009 konsep diri berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, 2). Dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 maka kemandirian belajar juga mempunyai pengaruh yang cukup besar, 3). Lingkungan keluarga mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,000 juga. Sedangkan motivasi belajar dipengaruhi secara signifikan oleh ketiga faktor tersebut secara bersama-sama, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil ini memberikan informasi berharga kepada orang tua dan pendidik tentang bagaimana menumbuhkan suasana yang mendorong motivasi belajar anak.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Konsep Diri, Kemandirian Belajar, Lingkungan Keluarga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 29 Oct 2025 03:05
Last Modified: 29 Oct 2025 03:05
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item
View Item