SAEPUL ANWAR, HAMZAH (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN QUIPPER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS (Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas X IPA SMA Terpadu Riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (170kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (208kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (227kB)
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (231kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (184kB)
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (144kB)
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (268kB)
8. BAB 1.pdf
Download (246kB)
9. BAB 2.pdf
Download (968kB)
10. BAB 3.pdf
Download (584kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (709kB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (224kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (196kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya capaian hasil belajar dan minimnya ketertarikan siswa kelas X IPA SMA Terpadu Riyadlul Ulum pada materi gerak lurus. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Quipper. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Quipper dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerak lurus. Dilaksanakan pada Mei 2025, penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain posttest-only control group. Populasi studi meliputi 238 siswa kelas X IPA, dari mana 2 kelas dipilih sebagai sampel melalui cluster random sampling: Kelas X H (33 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan Kelas X J (34 siswa) sebagai kelompok kontrol. Pengukuran hasil belajar dilakukan menggunakan posttest 39 soal pilihan ganda materi gerak lurus. Analisis data melibatkan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi (α=0,05) menunjukkan thitung (2,65)>ttabel (2,00). Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak, mengindikasikan adanya pengaruh signifikan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Quipper terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi gerak lurus di kelas X IPA SMA Terpadu Riyadlul Ulum tahun ajaran 2024/2025.
Kata kunci: Gerak lurus, hasil belajar siswa, model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Quipper.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 02:55 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 02:55 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/365 | 
