PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN QUIPPER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS (Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas X IPA SMA Terpadu Riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya)

SAEPUL ANWAR, HAMZAH (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN QUIPPER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS (Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas X IPA SMA Terpadu Riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf] Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (968kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya capaian hasil belajar dan minimnya ketertarikan siswa kelas X IPA SMA Terpadu Riyadlul Ulum pada materi gerak lurus. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Quipper. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Quipper dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerak lurus. Dilaksanakan pada Mei 2025, penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain posttest-only control group. Populasi studi meliputi 238 siswa kelas X IPA, dari mana 2 kelas dipilih sebagai sampel melalui cluster random sampling: Kelas X H (33 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan Kelas X J (34 siswa) sebagai kelompok kontrol. Pengukuran hasil belajar dilakukan menggunakan posttest 39 soal pilihan ganda materi gerak lurus. Analisis data melibatkan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi (α=0,05) menunjukkan thitung (2,65)>ttabel (2,00). Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak, mengindikasikan adanya pengaruh signifikan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Quipper terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi gerak lurus di kelas X IPA SMA Terpadu Riyadlul Ulum tahun ajaran 2024/2025.

Kata kunci: Gerak lurus, hasil belajar siswa, model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Quipper.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 29 Oct 2025 02:55
Last Modified: 29 Oct 2025 02:55
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/365

Actions (login required)

View Item
View Item