PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X Fase E SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

FILIYANI, ROSA (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X Fase E SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 9. BAB 1.pdf] Text
9. BAB 1.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 10. BAB 2.pdf] Text
10. BAB 2.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 11. BAB 3.pdf] Text
11. BAB 3.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 12. BAB 4.pdf] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[thumbnail of 13. BAB 5.pdf] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMA Negeri 7 Tasikmalaya yang rendah dan dibuktikan ketika studi pendahuluan melalui observasi, wawancara dengan salah satu guru fisika, dan tes kemampuan pemecahan masalah dengan persentase 32% dalam kategori rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model problem solving dengan scaffolding. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari model problem solving dengan scaffolding pada materi usaha dan energi di kelas X Fase E SMA Negeri 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan dengan desain penelitian the matching only posttest only control group design. Populasi dari penelitian ini yaitu kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya dengan jumlah 433 peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas X-7 dan X-8. Kemampuan pemecahan masalah diukur melalui tes berupa uraian dengan masing-masing soal memuat indikator kemampuan pemecahan masalah. Hasil hipotesis dengan uji t pada taraf signifikansi (� = 0,05) menunjukkan bahwa � �ℎ����� > ������ yaitu 5,341 > 1,669 yang berarti �� diterima dan �0 ditolak. Model problem solving dengan scaffolding memberikan bantuan bertahap kepada peserta didik dan mendorong peserta didik untuk aktif, berpikir secara sistematis, dan mengevaluasi solusi yang ditemukan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem solving dengan scaffolding berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi usaha dan energi.

Kata kunci: model problem solving, scaffolding, kemampuan pemecahan masalah, usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 29 Oct 2025 02:42
Last Modified: 29 Oct 2025 02:42
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/359

Actions (login required)

View Item
View Item