HUSEN, SALMA ALFIYYA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI SISWI KELAS XI MIPA MA AL-AMIN TASIKMALAYA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTU MIND MAP. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (64kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (53kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (60kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (36kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (89kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (63kB)
7. BAB 1.pdf
Download (79kB)
8. BAB 2.pdf
Download (409kB)
9. BAB 3.pdf
Download (435kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (194kB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (52kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (100kB)
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pembelajaran abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir kritis dalam membantu memecahkan permasalahan dan kemampuan kolaborasi dalam menunjang pembelajaran secara tim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi siswi kelas XI MIPA MA Al-Amin Tasikmalaya melalui pembelajaran model Creative Problem Solving berbantu Mind Map. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh sebanyak 24 siswi kelas XI MIPA. Analisis data digunakan melalui model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswi melalui pembelajaran model creative problem solving berbantu mind map berada pada kategori tinggi dengan skor rata - rata 76,93 sedangkan kemampuan kolaborasi berada pada kategori sangat baik dengan skor rata - rata 86,6. Dengan demikian, siswi kelas XI MIPA MA Al-Amin Tasikmalaya sudah memiliki kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi yang baik melalui pembelajaran model creative problem solving berbantu mind map. Namun, kemampuan berpikir kritis harus ditingkatkan kembali dimana sebagian siswi masih belum bisa menganalisis argumen, memutuskan suatu keputusan, dan menilai kredibilitas suatu sumber. Sedangkan untuk kolaborasi, sebagian siswi belum maksimal ikut berkontribusi memberikan ide atau solusi terhadap permasalahan yang disajikan.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Kolaborasi, Model Creative Problem Solving Berbantu Mind Map
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 01:37 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 01:37 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/332 |
