ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI SISWI KELAS XI MIPA MA AL-AMIN TASIKMALAYA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTU MIND MAP

HUSEN, SALMA ALFIYYA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI SISWI KELAS XI MIPA MA AL-AMIN TASIKMALAYA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTU MIND MAP. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 7. BAB 1.pdf] Text
7. BAB 1.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 8. BAB 2.pdf] Text
8. BAB 2.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 9. BAB 3.pdf] Text
9. BAB 3.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 10. BAB 4.pdf] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[thumbnail of 11. BAB 5.pdf] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[thumbnail of 13. LAMPIRAN.pdf] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir kritis dalam membantu memecahkan permasalahan dan kemampuan kolaborasi dalam menunjang pembelajaran secara tim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi siswi kelas XI MIPA MA Al-Amin Tasikmalaya melalui pembelajaran model Creative Problem Solving berbantu Mind Map. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh sebanyak 24 siswi kelas XI MIPA. Analisis data digunakan melalui model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswi melalui pembelajaran model creative problem solving berbantu mind map berada pada kategori tinggi dengan skor rata - rata 76,93 sedangkan kemampuan kolaborasi berada pada kategori sangat baik dengan skor rata - rata 86,6. Dengan demikian, siswi kelas XI MIPA MA Al-Amin Tasikmalaya sudah memiliki kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi yang baik melalui pembelajaran model creative problem solving berbantu mind map. Namun, kemampuan berpikir kritis harus ditingkatkan kembali dimana sebagian siswi masih belum bisa menganalisis argumen, memutuskan suatu keputusan, dan menilai kredibilitas suatu sumber. Sedangkan untuk kolaborasi, sebagian siswi belum maksimal ikut berkontribusi memberikan ide atau solusi terhadap permasalahan yang disajikan.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Kolaborasi, Model Creative Problem Solving Berbantu Mind Map

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 29 Oct 2025 01:37
Last Modified: 29 Oct 2025 01:37
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item
View Item